Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Jul 2021 17:03 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Terharu Ada Ribuan Desa Wisata Mendaftar di ADWI

Menparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno (UMN)
Jakarta -

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 diikuti oleh ribuan desa wisata di Indonesia. Kompetisi desa wisata yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf ini memiliki total hadiah miliaran rupiah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku terharu dengan banyaknya desa wisata yang mendaftar di Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021. Awalnya ada rasa pesimistis saat pemberian jumlah target desa wisata.

"Luar biasa, hari ini saya terharu dan hampir menitikkan air mata. Di awal dari ADWI, bahwa ADWI mungkin tidak bisa mencapai target 700 desa wisata yang mendaftar," kata Sandiaga Uno dalam Bimtek dan Workshop Anugerah Desa Wisata 2021, Rabu (14/7/2021).

Jika sebelumnya ada kekhawatiran jumlah desa wisata tak mencapai target, justru pada akhirnya jumlah desa wisata melebihi target. Masih tersisa dua hari lagi, tapi sudah ada 1.484 desa wisata yang mendaftar.

"Saya diberikan informasi akan target diturunkan ke 350, namun berkat kerjasama kita semua dan tim ADWI yang luar biasa, Alhamdulillah hari ini saya dilaporkan 1.484 yang sudah mendaftar dan masih ada dua hari lagi, mudah-mudahan masih bisa mencapai 1.480 lebih dan kita harapkan ini merupakan betul-betul simbol kebangkitan ekonomi nasional dua kali lipat dari target yang kita canangkan," kata Sandiaga.

Kini, desa wisata pun sudah banyak dilirik oleh banyak wisatawan. Hal ini pun sangat didukung oleh Kemenparekraf.

"Di era pandemi kita ubah pola hidup menjadi lebih bersih dan lebih sehat. tren pariwisata kini sudah terlihat desa wisata melonjak diakibatkan preferensi masyarakat untuk mengunjungi desa wisata. Kemenparekraf selalu all out mendorong penguatan desa wisata," kata Sandiaga.

Menparekraf mengajak masyarakat mendukung pengembangan desa wisata. Hal ini menjadi upaya untuk melestarikan potensi budaya dan nilai kearifan lokal setempat.

"Kita percepat kemajuan desa wisata menuju desa yang mandiri dan kami yakin juga bahwa ini adalah upaya melestarikan potensi budaya dan nilai kearifan lokal setempat, wawasan global tetap berkearifan lokal. Mari kita dukung program prioritas pengembangan desa wisata dengan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dengan total hadiah miliaran rupiah," tambahnya.

Sandiaga menuturkan hal ini bisa membuka lapangan kerja yang luas dan memiliki manfaat ekonomi yang berkeadilan. Tentunya yang lebih banyak menyentuh anggota masyarakat yang membutuhkan.

"Mari bersama hadirkan kepedulian ekonomi dan kebangkitan pariwisata. Mari wujudkan visi membangun pariwisata Nasional Indonesia sebagai negara yang bertujuan untuk pariwisata yang berkualitas, berkelas dunia berdaya saing berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan mensejahterakan rakyat," pungkasnya.



Simak Video "Desa Wisata RI Disebut Berpotensi Jadi Digital Nomad"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA