Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Jul 2021 20:22 WIB

TRAVEL NEWS

Raih Tingkat Vaksinasi Tertinggi di Indonesia, Bali Siap Hidup Damai dengan COVID-19?

Pantai Sanur ditutup selama penerapan PPKM Darurat. Meski begitu, aktivitas penyeberangan ke Pulau Nusa Penida dan kegiatan nelayan tetap diizinkan beroperasi.
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Denpasar -

Vaksin menjadi salah satu harapan untuk berdamai dengan COVID-19. Di Indonesia, hal itu mungkin saja dapat dilakukan di Bali.

Beberapa waktu lalu, negara tetangga Singapura mengumumkan rencananya untuk berdamai dengan COVID-19. Hal itu pun bukan tak mungkin, khususnya melihat gencarnya tingkat vaksinasi di sana.

"Kita memperkirakan sekitar 50% dari total populasi telah menerima vaksin dosis kedua sekitar 26 Juli mendatang," ujar Menkes Ong Ye Kung pada hari Rabu pekan lalu (7/7) seperti dikutip detikTravel dari Nikkei Asia.

Per hari Sabtu pekan lalu (9/7), sekitar 69% dari total populasi sebanyak 5,7 juta penduduk telah menerima vaksin dosis pertama. Sedangkan jumlah penduduk yang telah menerima dua dosis vaksin di Singapura disebut telah mencapai 40%.

Berkaca dari Singapura, kita melihat vitalnya vaksinasi dalam upaya hidup damai dengan COVID-19. Adapun di Indonesia, peluang itu dapat terjadi di Pulau Dewata Bali.

Vaksinasi WNA pemegang KITAS di Sanur, BaliVaksinasi WNA pemegang KITAS di Sanur, Bali (Foto: I Made Sudana)

Melihat data dari situs Kemenkes per hari Kamis ini (15/7/2021), Bali tercatat sebagai provinsi pertama di Indonesia dengan tingkat vaksinasi tertinggi.

Tercatat, sekitar 82,95% masyarakat Bali telah menerima vaksin dosis pertama. Sedangkan untuk vaksin dosis kedua, sekitar 23,35% masyarakat Bali telah menerimanya (Data per 13 Juli 2021).

Jumlah itu memang masih lebih sedikit dari pada Singapura, tapi mungkin hanya tinggal perkara waktu saja sampai Bali dapat mencapai posisi yang sama.

Apabila target vaksinasi itu telah tercapai, bukan tak mungkin kalau pariwisata Bali dapat segera kembali pulih. Dimana mungkin turis bisa segera kembali datang untuk berwisata di Bali.

Kemungkinan bagi Bali untuk hidup damai dengan COVID-19 pun terbilang cukup tinggi. Terlebih, hal itu didukung oleh ketaatan masyarakatnya pada prokes seperti memakai masker di tempat umum dan lainnya.

Hanya per 14 Juli kemarin, Bali mencatatkan 791 kasus infeksi COVID-19 baru. Sekitar 315 pasien sembuh dan 21 pasien meninggal dunia seperti dikutip dari situs Pemprov Bali.

Selanjutnya: Segudang rencana untuk Bali

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA