Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Jul 2021 21:13 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Berharap Agar Desa Wisata Bisa Membangun Indonesia

bonauli
detikTravel
Menparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno (UMN)
Jakarta -

Anugerah Desa Wisata 2021 (ADWI) kembali diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Banyak desa wisata Indonesia yang mendaftar.

Melalui press conference virtual, Sandiaga Uno membuka Bimbingan teknis dan Workshop ADWI 2021 untuk zona wilayah C, Minggu (18/7/2021). Desa wisata dirasa mampu untuk menjadi penguatan dan manfaat ekonomi berkeadilan untuk masyarakat.

"Covid-19 memaksa kita untuk meningkatkan keterampilan kita, meningkatkan kolaborasi kita, dan meningkatkan inovasi agar desa wisata bisa menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi," ucap Sandiaga, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Dengan tema Indonesia Bangkit, desa wisata diharapkan dapat mendorong pelaku parekraf di desa agar berkembang dalam menopang perekonomian bangsa pasca pandemi Covid-19.

Sandiaga menjadikan desa wisata sebagai simbol kebangkitan nasional, yang mampu untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Pendaftaran ADWI 2021 dimulai pada 30 April dan ditutup pada 16 Juli lalu.

Targetnya ada 700 desa wisata yang diharapkan oleh Kemenparekraf. Namun ternyata, jumlah yang kini mendaftar tiga kali lipat dari target.

"Ada 1.831 desa wisata yang mendaftar. Jumlah ini menunjukkan bahwa semangat dari masyarakat terutama pengelola desa wisata sekarang sangat termotivasi dan sudah saatnya kita berpihak kepada desa wisata agar bukan Indonesia yang membangun desa wisata tapi desa wisata yang membangun Indonesia," jelasnya.

Pengembangan potensi desa dapat mempercepat kemajuan desa menuju kemandirian. Desa wisata diharapkan mampu mengurangi urbanisasi masyarakat dari desa ke kota karena banyak aktivitas ekonomi yang dapat diciptakan. Serta, menjadi upaya untuk melestarikan potensi budaya dan nilai-nilai kearifan lokal setempat.

"Saya harapkan daya saing pariwisata dan keberlanjutan wisata ekonomi kreatif bisa kita bantu melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Saya yakin bisa," ungkapnya semangat.

Tak hanya potensi budaya, ADWI 2021 diharapkan mampu meningkatkan daya saing pariwisata dengan peningkatan kapasitas masyarakat dalam mengelola desa wisata secara digital dengan mengembangkan kreatifitas dalam membuat konten kreatif sebagai media promosi pariwisata.

"Saya akan berkomitmen dari 1.831 desa wisata yang mendaftar mudah-mudahan saya bisa mengunjungi dan memberikan motivasi. PPKM Darurat sangat berat, tapi mari kita sama sama mendukung, mudah-mudahan Indonesia menjadi tujuan wisata kelas dunia dengan fokus desa wisata," pungkasnya.



Simak Video "Kemenparekraf Ingin PeduliLindungi Jadi Acuan Berwisata"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA