Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Jul 2021 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Coba-coba Sentuh Hewan Lucu Ini, Bisa Masuk Penjara

bonauli
detikTravel
Hawaiian monk seal, anjing laut langka di Hawaii
Hawaiian monk seal (Getty Images/JodiJacobson)
Honolulu -

Pasangan ini lagi menikmati indahnya bulan madu di Hawaii. Bukannya senang-senang, mereka malah ditangkap polisi.

Suami istri ini datang dari Lousiana, Amerika Serikat. Mereka terbang ke Honolulu dan menikmati indahnya Pantai Kauai.

Dilansir dari Associated Press, pasangan ini tak sengaja melihat anjing laut Hawaii atau Hawaiian monk seal sedang berjemur. Merasa beruntung, pasangan ini segera mendatangi hewan tersebut.

Pelan-pelan si wanita berjalan mendekati anjing laut biksu tersebut. Punya bobot sebesar manusia, anjing laut itu tampak tertidur pulas. Si wanita pun menghampirinya dari belakang.

wanita pegang anjing laut langkawanita pegang anjing laut langka Foto: (TikTok)

Si wanita berhasil mengelus anjing laut tersebut. Sang hewan bangun dan terkejut. Anjing laut ini langsung menggeram untuk mengusir pasangan tersebut. Mereka tertawa menanggapi reaksi dari sang anjing laut.

Tak berhenti di sana. Mereka semakin tertarik untuk menjaili anjing laut yang ada di sana. Di video lain, sang pria mencari anjing laut di dekat batu dan menyentuhnya.

Momen ini mereka bagikan di TikTok dan viral. Bukannya banjir pujian, mereka malah ditangkap oleh pihak berwenang Amerika Serikat.

Rupanya mereka tidak tahu bahwa Hawaiian monk seal atau anjing laut biksu adalah binatang langka yang dilindungi oleh negara. Akun mereka pun langsung dikunci agar tidak tersebar.

"Kami menyesal, kami mencintai Hawaii dan budayanya. Kami tidak bermaksud menyinggung siapa pun," ujar Stephen, sang suami.

Menyentuh atau melecehkan anjing laut ini masuk dalam tindakan kejahatan dan akan dikenakan sanksi oleh undang-undang negara bagian dan federal. Tak tanggung-tanggung hukumannya adalah lima tahun penjara dan denda USD 50.000 atau setara dengan Rp 725 juta.

Pejabat negara sendiri memberi peringatan kepada warga untuk menjauhi hewan langka ini. Warga harus memiliki jarak 50-150 kaki dengan anjing laut.

Saat ini, keberadaan Hawaiian monk seal hanya tinggal 1.100 ekor saja di Kepulauan Hawaii Barat Laut dan 300 ekor di Kepulauan Hawaii.



Simak Video "Kasus Covid-19 Melonjak, Gubernur Hawaii Minta Turis Kurangi Kunjungan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA