Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Jul 2021 10:13 WIB

TRAVEL NEWS

Meksiko Ubah Kebijakan Zona Mancing, Lumba-lumba Langka Jadi Terancam

Lumba-lumba
Foto: Ilustrasi lumba-lumba (Getty Images/alexxx1981)
Mexico City -

Pemerintah Meksiko resmi mengubah kebijakan zona larangan memancing. Akibatnya, lumba-lumba langka yang jumlahnya tinggal 10 ekor di alam, jadi terancam punah.

Meksiko resmi mencabut kebijakan zona larangan memancing di perairan bagian atas Teluk California. Sebelumnya, di perairan tersebut kegiatan memancing sama sekali dilarang.

Namun kini, kebijakan larangan memancing tersebut digantikan oleh kebijakan lain, yaitu akan menghukum siapapun jika ada lebih dari 60 kapal terlihat di perairan itu dalam waktu bersamaan. Itu artinya, kegiatan memancing diperbolehkan, asal tidak lebih dari 60 kapal dalam waktu bersamaan.

Ahli lingkungan dari Centre for Biological Diversity Meksiko, Alex Oliviera menyebut kebijakan tersebut sangat bodoh. Peraturan itu jelas membahayakan keberlangsungan satwa-satwa langka yang hidup di perairan itu.

"Itu sungguh bodoh. Mereka menunggu sambil menghitung kapal di area yang seharusnya steril dari pemancing, dimana seharusnya tidak boleh ada kapal sama sekali di perairan itu," kata Oliviera, seperti dikutip dari AP, Rabu (21/7/2021).

"Mereka memperbolehkan masuk selusin kapal. Ini adalah akhir dari konsep 'zero tolerance' di area itu," imbuh Oliviera.

Salah satu kekhawatiran para ahli lingkungan dari kebijakan itu adalah eksistensi lumba-lumba langka bernama ilmiah Vaquita marina. Di alam bebas, lumba-lumba ini hanya tinggal tersisa 10 ekor saja.

Jika kebijakan ini tetap dilakukan, lumba-lumba langka itu bisa saja punah. Nelayan yang memancing di perairan itu kebanyakan menggunakan jaring, sehingga membahayakan si lumba-lumba.

"Aturan baru itu tidak melindungi Vaquita. Sepertinya malah otoritas kelautan ingin membuat lumba-lumba Vaquita punah," ketus Oliviera.

Bagian atas Teluk California memang jadi satu-satunya tempat hidup lumba-lumba Vaquita. Area hidup lumba-lumba langka ini meliputi delta sungai Colorado dan memanjang hingga ke kota nelayan San Felipe dan dekat Puerto Penasco di Meksiko.

Dari tahun ke tahun, penampakan lumba-lumba Vaquita semakin jarang terlihat. Para ahli memperkirakan hanya tinggal tersisa 10 ekor lumba-lumba Vaquita saja di alam.



Simak Video "Memancing Ikan di Sekitar Penginapan, Bintan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA