Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Jul 2021 18:32 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Minta Pemda Dorong Masyarakat Ikut Vaksinasi COVID-19

Putu Intan
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta pemerintah daerah meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.

Hal ini ia sampaikan saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Kebon Jeruk yang dilaksanakan berkat kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, MNC Peduli, Doktora, Traveloka, Glow Fellowship Center, Minggu (25/7/2021).

"Kami dari Kemenparekraf menggenjot vaksinasi. Tingkat keterisian rumah sakit turun jadi 70%. Ini kita harus turunkan menjadi 50% dengan percepatan vaksinasi COVID-19," ujar Sandiaga Uno dalam rilis yang diterima detikcom.

Di Jakarta Barat Sandiaga Uno mendapatkan laporan bahwa dosis pertama vaksinasi COVID-19 sudah mencapai 60%. Ia berharap agar bisa mencapai herd imunitas. Alokasi vaksinasi harus ditingkatkan agar warna semua bisa mengikuti vaksinasi.

"Terimakasih untuk tenaga kesehatan yang sudah bertugas dalam program vaksinasi COVID-19. Saya mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang terlibat. Ini gerak bersama antara Kemenparekraf dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, MNC Peduli, Doctora, Traveloka, Glow Fellowship Center. Target sasaran nya 6 ribu. Dan hari ini 600 lokasi sudah terpenuhi," jelas Sandiaga Uno.

Menurutnya berbagai kegiatan vaksinasi COVID-19 massal perlu dilakukan sebagai bagia langkah untuk mengejar pelaku parekraf yang baru 5% ter-vaksinasi.

"Yang kedua sisi kemanusiaan dan ekonomi, saya ingin apa yang sudah dilakukan negara lain yang sudah bisa melalui tahap kenaikan varian delta ini, vaksinasi menjadi benteng pertama, setelah itu tentunya ekonomi," tambah Sandiaga Uno.

Aspek sosial dan ekonomi kata Sandiaga Uno harus dipenuhi. "Yakni dengan membantu saudara-saudara kita dengan bantuan sosial, ini yang kita dorong agar bansos diberikan juga dalam memulihkan kesehatan dan ekonomi," kata Sandiaga Uno.

Kemenparekraf juga terus menebar harapan dan semangat optimistis. "Di Garut saya menginstruksikan seluruh fasilitas parekraf disana untuk mengganti bendera putih dengan bendera merah putih. Ini menunjukkan semangat kita untuk bangkit," ungkap Sandiaga Uno.

Kemenparekraf kata Sandiaga Uno terus menghadirkan solusi segera dengan langkah vaksinasi dan bantuan kemanusiaan. "Ada beberapa program yang kita luncurkan seperti bantuan beasiswa untuk siswa dari pedagang kecil di sektor parekraf, dan juga bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan kita siapkan call center," jelas Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno juga mengucapkan terima kasih kepada tenaga kesehatan yang tidak henti-hentinya membantu masyarakat mengatasi dinamika dari varian delta ini. Ia berharap masyarakat bisa mematuhi PPKM Level 4 sehingga situasi lebih terkendali ke depannya.

"Saya menggandeng tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan seluruh elemen masyarakat untuk mensosialisasikan vaksinasi itu sangat aman, dan merupakan benteng kita menghadapi varian baru delta yang memiliki dinamika luar biasa. Vaksin benteng pertama bersama melaksanakan prokes. Kita harus bisa mengendalikan kondisi dengan PPKM Level 4. Pemerintah daerah harus bisa meyakinkan warga untuk berpartisipasi dalam vaksinasi sehingga kesadaran masyarakat meningkat," tandas Sandiaga Uno.



Simak Video "Siap Gelar World Superbike, Pemerintah: Semua Atlet Harus Sudah Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA