Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Jul 2021 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

Kondisi Geografis Pulau Papua dan Maluku yang Kamu Harus Tahu

Tim detikcom
detikTravel
Peta Papua
Foto: Ilustrasi (google maps)
Jakarta -

Keindahan Papua dan Maluku sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun tahukah traveler kondisi geografis Papua dan Maluku? Ayo, kita baca lagi!

Papua dan Maluku dianugerahi kekayaan alam dan panorama yang indah. Keduanya punya kesamaan karakter geografis, yaitu sama-sama berbentuk kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau baik itu berukuran besar maupun kecil.

Luas Papua dan Maluku

Dari ukurannya, Pulau Papua menjadi pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Luas pulau Papua tercatat mencapai 786.000 km², lebih besar dari pulau lain di Indonesia.

Namun dari total luasan itu yang menjadi bagian Indonesia hanya sebesar 418.707,7 km². Adapun sisanya menjadi bagian dari Papua Nugini.

Sementara itu, secara keseluruhan Maluku memiliki luas mencapai 31.982,5 km². Dari luas tersebut, perairan menjadi wilayah yang mendominasi, yakni mencapai 76,28%.

Batas Papua dan Maluku

Pulau Papua berbatasan langsung dengan laut Filipina di bagian Utara, laut Arafuru dan Banda di bagian Barat, Samudera Pasifik di bagian Timur, dan laut Arafuru di bagian selatan.

Sedangkan untuk Maluku, berbatasan laut di sebelah Utara dengan laut Sulawesi, bagian Barat dengan laut Arafuru dan laut Banda, serta bagian Timur dengan laut Halmahera.

Untuk perbatasan darat, Pulau Papua bagian Utara dengan Samudera Pasifik, Barat dengan laut Arafuru, bagian Timur dengan Papua Nugini, dan bagian Selatan dengan Laut Arafuru dan Australia.

Batas daratan Pulau Maluku dengan laut Seram di bagian Utara, pulau Sulawesi di bagian Barat, pulau Papua di bagian Timur, serta Timor Leste dan Laut Arafuru di bagian Selatan.



Simak Video "Berenang di Jernihnya Air Pantai Honimua Maluku"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA