Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Jul 2021 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Penumpang Makin Gampang Semena-mena, Para Pramugari Dilatih Bela Diri

Air Vehicle, Airplane, Commercial Airplane, Luggage, People
Ilustrasi, kabin pesawat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Pollyana Ventura)
Jakarta -

Penumpang nakal yang mengganas semakin banyak di masa pandemi. Untuk mengatasi itu, para pramugari di negara ini mulai latihan bela diri.

Diberitakan CNN, ada begitu banyak penumpang mengganas ketika diperingatkan pramugari soal penerapan protokol kesehatan. Bahkan ada yang tak terima hingga melukai kru kabin pesawat.

Menanggapi kejadian di atas, Administrasi Keamanan Transportasi AS melatih kembali ratusan pramugari di musim gugur ini. Kursus bela diri ini sebenarnya adalah program lanjutan kegiatan setengah hari dari tahun 2004 silam.

Dalam kursus bela diri itu para pramugari akan diajari bagaimana menyerang, menginjak, dan menaklukkan penyerang yang kejam. Skenario itu menurut pramugari tidak akan pernah mereka temui.

Saat dunia penerbangan mulai aktif kembali, jumlah penumpang yang nakal dan kejam melonjak. Ada lebih dari 100 insiden dilaporkan ke Administrasi Penerbangan Federal pada minggu lalu dengan total lebih dari 3.600 kasus sepanjang tahun ini.

Pramugari diajari serangkaian teknik de-eskalasi untuk menangani penumpang yang sulit diberi pengertian. Karena, banyak penumpang nakal yang tidak mau merapikan kembali meja belakang kursi atau yang bersikeras agar koper besar muat di bagasi atas.

Para instruktur mengajarkan berbagai keterampilan ke pramugari, dari sikap bertahan hingga pukulan yang dapat diberikan kepada calon pembajak pesawat.

Seorang instruktur menggunakan manekin untuk mendemonstrasikan metode terakhir untuk menyerang mata penyerang.

"Anda mungkin akan mati. Anda harus membela diri dengan segala cara," kata seorang instruktur yang tidak dirahasiakan namanya karena mereka adalah angkatan udara federal. Mereka bertugas aktif dan pekerjaannya ada di pesawat yang dilakukan secara rahasia.

Sebagian besar pertemuan tidak akan pernah naik ke level itu. Dalam satu contoh, FAA mengatakan ada seorang penumpang mencoba membuka pintu kokpit dan secara fisik menyerang seorang pramugari dengan memukul wajahnya dan mendorongnya ke lantai.

Setelah anggota kru menahan penumpang dengan borgol plastik, dia melepaskan dirinya dari salah satu borgol dan memukul wajah pramugari untuk kedua kalinya. Penumpang itu tidak disebutkan namanya dalam laporan itu.

Dalam contoh lain, serikat pekerja yang mewakili pramugari Southwest Airlines mengatakan seorang penumpang memukul pramugari hingga merontokkan dua gigi.



Simak Video "Sopir Hotel Ngaku Anggota Polisi, Tipu Pengusaha Rental Mobil Rp 108 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA