Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Agu 2021 17:31 WIB

TRAVEL NEWS

Sedih, Bali Cuma Dikunjungi 43 Wisman Selama 6 Bulan

Sui Suadnyana
detikTravel
Ilustrasi wisatawan di pantai bali, berjermur, menikmati pantai.
Ilustrasi wisman di Bali. Foto: Rachman Haryanto
Denpasar -

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali menurun drastis selama enam bulan di 2021. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali mencatat, kunjungan wisman ke Pulau Dewata hanya 43 orang selama Januari hingga Juni.

"Wisatawan mancanegara (wisman) yang datang langsung ke Provinsi Bali pada periode Januari-Juni 2021 tercatat sebanyak 43 kunjungan," kata Kepala BPS Provinsi Bali Hanif Yahya dalam keterangan tertulis yang diterima detikTravel, Senin (2/8/2021).

43 kedatangan wisman tersebut tercatat sebanyak 10 kunjungan pada Januari, 12 kunjungan pada Februari, 3 kunjungan saat Maret, 9 kunjungan pada April, 8 kunjungan pada Mei dan 1 kunjungan pada Juni 2021.

Hanif Yahya mengatakan, angka kunjungan wisman ini turun sebanyak 99,996 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sebab kunjungan wisman ke Bali pada periode Januari hingga Juni 2020 tercatat sebanyak 1.069.171 kunjungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa menilai, jumlah kedatangan wisman sesuai data BPS Provinsi Bali memang logis. Sebab situasi pandemi COVID-19 menyebabkan minimnya kunjungan wisman ke Pulau Dewata.

"(Data itu) logis dan memang kita terpuruk sekali memang pariwisata kita dari pandemi ini," kata Astawa saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Karena itu, pihaknya bakal fokus untuk menyelesaikan persoalan pandemi COVID-19 agar bisa normal kembali. Terlebih, saat kondisi normal sebelumnya, jumlah kedatangan wisman ke Pulau Dewata bisa mencapai 600 ribu pada bulan tertentu.

"Karena kalau pandemi siapa orang suruh datang. Kan pasti susah kan. Jadi dengan kedatangan jumlah yang segitu itu berat memang," terang Astawa.



Simak Video "Data BPS: Wisatawan Mancanegara Turun Drastis, Merosot 88%"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA