Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Agu 2021 19:32 WIB

TRAVEL NEWS

Pakar: Infeksi Corona Harimau Ragunan Tak Menular ke Manusia

CNN Indonesia
detikTravel
Kabar dua ekor harimau di Ragunan terpapar virus Corona curi atensi publik. Diketahui, ini bukan kali pertama kasus infeksi virus Corona ditemukan pada hewan.
Harimau di Taman Margasatwa Ragunan terkena Corona ( Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta -

Dua ekora harimau di Taman Margasatwa Ragunan terinfeksi virus Corona. Kata pakar, infeksi itu tak menular ke manusia.

Melansir CNN Indonesia, Kepala Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) Institut Pertanian Bogor (IPB) Huda Shalahudin Darusman menyatakan belum ada data dan riwayat hewan yang positif COVID-19 dapat menularkan virus itu ke manusia.

Huda menanggapi dua harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta, yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Hewan bisa tertular COVID-19, tapi apakah terinfeksi atau hanya cemaran saja, sampai saat ini belum dapat dipastikan. Apalagi, kalau hewan sakit dapat menularkan ke manusia belum ada datanya, sehingga bisa disebut tidak ada," kata Huda Shalahuddin Darusman pada wawancara secara virtual.

Menurut Huda Shalahudin, masyarakat, khususnya petugas di Taman Margasatwa Ragunan, tidak perlu panik terkait temuan hewan terpapar COVID-19.

"Temuan hewan terpapar COVID-19 di Ragunan ini bukan yang pertama kali terjadi di dunia, tapi tidak ada manusia yang tertular dari hewan," katanya.

Dosen Farmakologi dan Toksikologi di Fakultas Kedokteran Hewan IPB ini menjelaskan, dirinya mengetahui adanya dua harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan terpapar COVID-19, setelah pengelola Ragunan mengirimkan sampel hasil tes swab PCR kepada Laboratorium PSSB IPB, pada 15 Juli 2021 lalu.

"Setelah dilakukan uji laboratorium, hasilnya positif COVID-19," katanya.

Diberitakan sebelumnya, dua ekor harimau di Kebun Binatang Ragunan positif Covid-19. Mereka diisolasi di kandang.

Dalam laman Instagramnya, Minggu (1/9/2021), Kebun Binatang Ragunan atau Ragunan Zoo mengungkapkan bahwa dua 'warga' mereka terpapar Covid-19. Mereka melakukan isoman di kandang dan pasokan makanan dipastikan tercukupi.

Adapun warga yang dimaksud adalah dua ekor harimau Sumatera bernama Hari dan Tino. Mereka didiagnosis positif COVID-19 15 Juli lalu.



Simak Video "Sejak Buka Lagi Usai Libur Lebaran, Tren Pengunjung Ragunan Menurun"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA