Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Agu 2021 13:52 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Bantuan dari Dunia Usaha Dibutuhkan dalam Penanganan COVID-19

Menparekraf
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (UMN)
Jakarta -

Sejak sepekan lalu, kasus COVID-19 di seluruh wilayah Indonesia alami penurunan. Angka kesembuhan pasien COVID-19 semakin bertambah.

Meskipun begitu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berharap, dengan adanya penurunan kasus, semua pihak tidak kembali terlena. Dia mengungkapkan, kolaborasi sangat dibutuhkan untuk mengakhiri pandemi COVID-19.

"Dalam perjuangan menghadapi COVID-19 kita harus bersatu padu dan hari ini kolaborasi dari dunia usaha, pemerintah menerima bantuan," ungkap Sandiaga Uno ketika menerima bantuan bersama Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin pada Rabu (4/8/2021).

"Kita harapkan dapat segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," tambahnya.

Sandi menuturkan, bantuan dari dunia usaha sangat dibutuhkan dalam penanganan COVID-19. Kepulihan sektor parekraf seluruhnya bertumpu pada sektor kesehatan.

"Beberapa waktu yang lalu beredar gambar-gambar orang sedang mengantre oksigen, kita ingin mengganti hal itu," ungkap Sandiaga Uno.

"Tingkat keterisian rumah sakit sudah di bawah 60 persen dan ICU sudah di bawah 80 persen, ini akan terus menurun, mudah-mudahan dengan kedisiplinan kita dalam penerapan PPKM Level 4," jelasnya.

Sektor parekraf akan bangkit apabila masyarakatnya sehat. Oleh karena itu Kemenparekraf terus menggenjot vaksinasi di seluruh destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif di seluruh Nusantara.

Targetnya, sebanyak 34.000 hingga 40.000 vaksin Kemenparekraf distribusikan kepada masyarakat.

"Seperti kita ketahui dari Aceh sampai Papua, destinasi-destinasi wisata dan desa-desa wisata sekarang ini sedang berlomba-lomba, berpartisipasi dan Insya Allah suplai vaksinnya sudah datang dan semoga bisa segera disalurkan," ungkap Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga mengapresiasi trip.com yang menyalurkan bantuan berupa 130 unit oksigen konsentrator kepada pemerintah. Bantuan tersebut sangat dibutuhkan dalam perawatan pasien COVID-19.

"Ini adalah langkah awal, ke depan kita akan menerima juga uluran tangan dari temen-temen dunia usaha," ungkap Sandiaga Uno.

Walau sektor parekraf tengah terpuruk, Sandiaga meminta seluruh pelaku usaha untuk tetap optimis dan bersemangat. Seiring dengan pulihnya sektor kesehatan, Indonesia akan menyongsong pariwisata era baru yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

"Memang saat ini parekraf sedang dalam keadaan prihatin, tapi justru di situ lahir sisi-sisi terbaik kemanusiaan kita, gotong royong. Seperti yang disampaikan Pak Menkes, 'Pelaut yang handal itu tidak lahir dari laut yang tenang, tapi justru lahir dari laut yang bergejolak'," ungkap Sandiaga Uno.

"Kita harapkan pariwisata dan ekonomi kreatif kita bisa melalui pandemi ini dan Insya Allah kita akan lebih baik, pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," ujarnya berharap.



Simak Video "Wisata RI Disanjung Forum Dunia, Sandiaga Sampaikan 2 Pesan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA