Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Agu 2021 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Kota Indah Barcelona Kehilangan Satu Magnetnya, Messi

Femi Diah
detikTravel
Barcelona
Kota Barcelona dari udara (CNN Travel)
Jakarta -

Lionel Messi resmi meninggalkan FC Barcelona, klub sepakbola yang bermarkas di Barcelona. Gabungan Messi, Camp Nou, dan keindahan kota itu menjadi favorit pelancong dunia.

Tangis Messi pecah saat menemui wartawan dalam ruang konferensi pers, Minggu (8/8/2021). Tangisan yang menunjukkan betapa beratnya Messi meninggalkan Barca dan Barcelona setelah 21 tahun bersama dan menghabiskan waktu di sana.

Messi kadung identik dengan Barcelona dan kota itu sekaligus. Di antara tangisnya, pemain 34 tahun itu menyebut kesulitan finansial Barcelona dan aturan LaLiga yang membuatnya tak bisa meneken kontrak baru, juga keinginannya untuk kembali ke Barcelona.

"Kami punya sejumlah masa indah dan buruk juga, tapi rasa sayang yang ditunjukkan ke saya sudah selalu sama. Saya berharap bisa kembali ke sini dan menjadi bagian dari klub ini kapanpun, dengan cara apapun dan membawa sesuatu untuk membantu klub ini jadi yang terbaik di dunia," ujar pemain asal Argentina itu dikutip BBC.

BARCELONA, SPAIN - AUGUST 08: Lionel Messi of FC Barcelona faces the media during a press conference at Nou Camp on August 08, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)Lionel Messi mengangis di depan wartawan. Foto: Getty Images/Eric Alonso

Kepergian Messi membuat kota Barcelona kehilangan salah satu ikonnya. Ya, disadari atau tidak Messi bersama FC Barcelona membuat pelancong dari penjuru dunia untuk datang ke kota tersebut setiap tahunnya.

Mereka adalah suporter sepakbola. Bisa jadi fans Lionel Messi atau Barcelona namun bisa juga mereka fans tim lawan yang bermain di Camp Nou.

Para suporter itu bahkan rela cuma merasakan sensasi di ruang ganti pemain yang biasa dimasuki Messi, menilik ruangan sauna dan jacuzzi tempat Messi berelaksasi, lorong dari dan menuju lapangan hijau yang biasa dilewati Messi, menatap trofi yang pernah diangkat Messi, juga melihat sepatu lawas Messi yang ada di dalam kotak kaca.

Padahal untuk menikmati paket komplet keliling Camp Nou dan menjelajahi ruang ganti pemain Messi dan para pemain Barca itu tidak murah. Tiap pelancong diminta merogoh kocek sampai 84 euro atau sekitar Rp 1,4 juta.

Barcelona, Spain - July 31, 2019: Sign near the Camp Nou football soccer stadiumMuseum Camp Nou yang sangat populer Foto: Getty Images/Aleksandr_Vorobev

Kendati tiket masuk cukup mahal, tapi popularitas Museum Barcelona sangat tinggi. Buktinya, museum itu menjadi satu di antara enam museum di Spanyol yang dikunjungi lebih dari 1 juta orang per tahun pada 2014.

Menurut laporan El Mundo, selama tahun 2014 Museum Barcelona melalui Camp Nou Experience diramaikan oleh 1,5 juta orang. Dengan jumlah itu, Camp Nou ada di urutan keempat, cuma kalah dari Reina SofĂ­a (2.667.166), Prado (2.536.844) dan Museum Dali (1.535.070).

Suporter juga tidak akan gampang mengabaikan suvenir Barcelona dan Messi yang menjadi bagian paling akhir tur stadion Camp Nou. Jersey pemain segala ukuran, magnet kulkas, gelang, replika stadion disediakan.

Andai lapar dan haus, cukup menuju 'kantin' Tapas24 yang ada di bagian luar stadion.

Spot lain yang sudah semestinya tidak ketinggalan disambangi adalah La Masia, akademi pemain Barcelona yang tepat berada di sebelah Camp Nou.

Dengan pelancong yang tidak ada habisnya itu--sebelum pandemi--Camp Nou bisa menghidupi bangunannya sendiri. Tidak mencari anggaran dari pos lain untuk biaya perawatan.

Tanpa Messi, Camp Nou bisa jadi tidak lagi segampang dulu dalam membiayai bangunannya. Apalagi, Camp Nou sudah kehilangan pemasukan dari tur museum yang sedemikian besar pada dua tahun terakhir karena pandemi.

Menarik menunggu efek domino Camp Nou yang kehilangan Messi.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA