Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Agu 2021 15:30 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Keunggulan Doha Hingga Sabet Predikat Bandara Terbaik di Dunia 2021

Syanti Mustika
detikTravel
Bandara Internasional Hamad di Qatar
Bandara Internasional Hamad di Doha (Fitraya Ramadhani/detikTravel)
Jakarta -

Skytrax telah merilis daftar bandara terbaik di dunia 2021. Tahun ini gelar ini didapatkan oleh Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar.

Dilihat detikcom di website Skytrax, Rabu (11/8/2021) Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar terpilih sebagai Bandara Terbaik di Dunia pada 'World Airport Awards' 2021. Posisi ini sebelumnya ditempati oleh Bandara Changi, Singapura.

Badr Mohammed Al-Meer, chief operating officer (COO) Bandara Internasional Hamad, mengatakan betapa bangganya mereka mendapat gelar ini.

"Dengan sangat bangga kami mengumumkan bahwa Bandara Internasional Hamad Qatar dinobatkan sebagai Bandara Terbaik Dunia di Penghargaan Bandara Dunia Skytrax 2021. Ini bukan hanya pencapaian yang benar-benar luar biasa bagi HIA dan Negara Bagian Qatar, tetapi juga dukungan dari para pelancong kami atas komitmen kami terhadap keunggulan layanan," kata Al Meer.

"HIA terus menjadi tolok ukur global untuk bandara di seluruh dunia, berkat dedikasi dan kolaborasi tim dan pemangku kepentingan kami. Hingga hari ini, kesiapsiagaan krisis HIA, strategi kelangsungan bisnis, dan respons yang gesit dan efektif terhadap pandemi COVID-19 terus diakui oleh institusi industri terkemuka," dia menambahkan.

"Saat kami melihat ke masa depan, HIA tetap mengabdikan diri untuk meningkatkan upaya kami dalam memberikan pengalaman bandara terbaik bagi semua penumpang kami," kata dia lagi.

Bandara Internasional Hamad (HIA) punya kereta layang yang mondar-mandir di dalam terminal bandara. Bentuk kereta tersebut sangat futuristik.Bandara Internasional Hamad (HIA) punya kereta layang yang mondar-mandir di dalam terminal bandara. Bentuk kereta tersebut sangat futuristik. Foto: Eduardo Simorangkir

Edward Plaisted dari Skytrax menjelaskan alasan yang menjadi kekuatan dari Bandara Internasional Hamad hingga bisa memenangkan ajang bergengsi ini.

"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Bandara Internasional Hamad telah terpilih sebagai bandara terbaik di dunia 2021. Diresmikan pada tahun 2014, Bandara Internasional Hamad dengan cepat menjadi favorit pelanggan dan pindah dari No 3 di dunia pada tahun 2020 menjadi peringkat bandara terbaik dunia tahun ini," kata Plaisted.

"Pencapaian ini merupakan upaya tim, dan ucapan selamat kami sampaikan kepada Manajemen, staf, dan pemangku kepentingan di Bandara Internasional Hamad yang membantu mewujudkan hal ini," dia menambahkan.

"Karena pusat perjalanan di seluruh dunia telah terkena dampak pandemi, Bandara Internasional Hamad tidak terpengaruh oleh gangguan perjalanan global dan melanjutkan rencana ekspansi sambil memperkenalkan standar kesehatan dan keselamatan bandara tambahan. Sebagai Mitra Bandara Resmi untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022, kami berharap Bandara Internasional Hamad sukses dalam membantu menjadi tuan rumah acara besar seperti itu," ujar Plaisted lagi.

Bandara Internasional Hamad menyabet sejumlah penghargaan di World Airport Awards 2021 dengan memenangkan penghargaan untuk Bandara Terbaik di Timur Tengah, Bandara Terbaik Dunia dalam kategori 25 hingga 35 juta Penumpang, dan untuk Staf Bandara Terbaik di Timur Tengah.

Hasil survei para traveler dunia untuk Passenger's Choice Awards berlangsung dari Agustus 2020 hingga Juli 2021, dengan banyak wisatawan memilih bandara favorit/terbaik mereka berdasarkan pengalaman perjalanan pra-pandemi. Sementara pelanggan lain memilih Pengalaman Bandara COVID-19 mereka selama 12 bulan terakhir.

World Airport Awards ini mencakup kategori tambahan yaitu perubahan dan peningkatan yang dilakukan oleh bandara di seluruh dunia untuk meningkatkan standar kesehatan, kebersihan, dan keselamatan selama COVID-19.

Bandara Changi Singapura, pemenang penghargaan Bandara Terbaik Dunia sebelumnya, dinobatkan sebagai Bandara Terbaik Dunia dalam kategori 10 hingga 15 juta Penumpang, dan menerima penghargaan untuk Staf Bandara Terbaik Dunia dan Staf Bandara Terbaik di Asia.



Simak Video "Menlu Qatar Yakin Taliban Dapat Berubah"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA