Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Agu 2021 11:40 WIB

TRAVEL NEWS

Geger Mural Jokowi, Ini Wisata Mural yang Bisa Kamu Kunjungi

bonauli
detikTravel
Mural Jokowi 404: Not Found terpampang di dinding di Tangerang (dok.istimewa)
Foto: Mural 'Jokowi 404: Not Found' terpampang di dinding di Tangerang (dok.istimewa)
Jakarta -

Mural wajah Presiden Joko Widodo menjadi perhatian publik. Indonesia sendiri punya banyak wisata mural, lho ternyata.

Viral, mural Jokowi yang terpampang di daerah Batuceper, Kota Tangerang. Mural itu dibubuhi tulisan '404: Not Found' di bagian mata Jokowi.

Tak jauh dari sana, Tanah Tinggi Tangerang memiliki wisata mural yang cocok untuk foto-foto. Ide ini datang dari Pemkot Tangerang yang hendak mengubah citra Kampung Tanah T
inggi menjadi tujuan wisata.

Program ni diberi nama Kampung Pink. Mural ini dibuat oleh pekerja seni Hendy dan Ale. Tema yang dihadirkan beraneka ragam, mulai dari religi, fauna sampai tema anak-anak. Kampung seluas 12,5 hektare ini tampak jadi berwarna dan sarat dengan pesan positif.

Pontianak juga tak mau kalah. Bertempat di Kawasan Gajahmada 9, Pecinan Pontianak, sederet mural cantik menjadi kawasan wisata foto. Mural-mural ini memiliki unsur Tinghoa yang kental.

Seorang warga berpose di depan lukisan mural di dinding rumah toko di Gajahmada 9, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (6/4/2021). Mural yang menggambarkan kesenian Tionghoa dan diinisiasi oleh pegiat seni Hervin Yulianto tersebut menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kota Pontianak. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/wsj.Seorang warga berpose di depan lukisan mural di dinding rumah toko di Gajahmada 9, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (6/4/2021). Mural yang menggambarkan kesenian Tionghoa dan diinisiasi oleh pegiat seni Hervin Yulianto tersebut menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kota Pontianak. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/wsj. Foto: ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG

Penuh warna dan sangat mencolok, mural ini diiniasiasi oleh pegiat seni Hervin Yuliaanto. Kini mural pecinan menjadi salah satu wisata baru di Kota Pontianak.

Mural Jokowi juga bisa kamu temukan di Solo. Bernama Mural Street Gallery, mural ini baru bisa dikunjungi pada malam hari.

Pada siang hari jalan Gatot Subroto merupakan kawasan pertokoan yang ramai dikunjungi pembeli pada umumnya. Namun ketika malam tiba dan toko-toko di kawasan ini mulai tutup, terlihat pemandangan yang sangat berbeda.

Jalan Gatot Subroto berubah menjadi galeri seni. Berbagai bentuk gambar, lukisan dan karikatur memenuhi sisi jalan. Mural ini memiliki tema masing-masing, ada mural bertema perjuangan, budaya jawa hingga pop culture.

Sebagian besar gambar terdapat di dinding dan pintu pertokoan. Ada juga mural yang digambar di toko bertingkat hingga di gang sempit. Beberapa gambar mural yang menarik di antaranya pengantin wanita Jawa, cerita pewayangan, mural solo batik carnival hingga artis seperti Kurt Cobain dan Nike Ardila.

Mural di sepanjang Jalan Slamet RiyadiMural di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Foto: Johanes Randy

Ada pula mural tokoh nasional seperti mantan menteri kelautan ibu Susi, Gus Mus dan presiden Joko Widodo. Mural berwarna warni ini adalah bagian dari program "Solo is Solo" dan merupakan hasil karya seniman-seniman kota Solo.

Dengan adanya kawasan mural ini, selain menambah destinasi wisata juga mengurangi adanya coret-coret yang merusak. Pengunjung tempat ini kebanyakan dari kalangan anak muda yang senang berburu foto.



Simak Video "Pengamat Bandingkan Mural 'Jokowi 404' dengan Kasus 'Kerbau' SBY"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA