Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 15 Agu 2021 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Relawan Taman Nasional Kaget Saat Temukan Penyu Berkepala Dua

Penyu Berkepala Dua
Foto: Penyu berkepala dua (dok. Edisto Beach State Park)
Edisto Beach -

Sekelompok relawan di taman nasional Amerika Serikat dibuat terkejut bukan main. Mereka berhasil menemukan tukik penyu berkepala dua yang langka. Seperti apa?

Sekelompok relawan bersama dengan staff Edisto Beach State Park di South Carolina, Amerika Serikat sedang melakukan patroli rutin. Mereka mendata sarang-sarang penyu yang tersebar di sepanjang pantai.

Alangkah terkejutnya mereka ketika di salah satu sarang penyu, ada tukik penyu yang sudah menetas. Tukik penyu itu berbeda dari biasanya, bahkan bisa dibilang istimewa karena kepalanya ada dua!

"Ketika sedang mendata inventori Rabu lalu, petugas patroli kami bersama dengan relawan menemukan ada 3 tukik penyu yang sudah menetas. Satu tukik penyu terlihat menakjubkan karena punya dua kepala," demikian pernyataan South Carolina State Parks, dikutip dari The Washington Post, Minggu (15/8/2021).

Penyu berkepala dua itu diketahui berjenis Loggerhead Turtle alias Penyu Tempayan. Nama ilmiahnya Caretta caretta.

Penyu Berkepala DuaPenyu Berkepala Dua Foto: dok. Edisto Beach State Park

Penyu itu bisa berkepala dua diduga karena terjadi mutasi genetik ketika penyu tersebut masih berbentuk embrio. Penyu berkepala dua ini bukan kali pertama ditemukan di South Carolina.

"Penyu berkepala dua lainnya pernah ditemukan di South Carolina beberapa tahun lalu. Tapi untuk di Edisto Beach State Park penemuan ini baru pertama kalinya," sambungnya.

Setelah mengambil foto untuk dokumentasi, para relawan akhirnya melepaskan penyu berkepala dua itu kembali ke lautan. Petugas patroli memang disiagakan oleh pihak Edisto Beach State Park karena saat ini sedang memasuki musim bertelur penyu.

Fenomena penyu berkepala dua sangat jarang terjadi dalam satu populasi. Sedihnya, penyu berkepala dua itu kemungkinan kecil bisa bertahan hidup sampai dewasa. Mereka sangat rentan terhadap predator yang sewaktu-waktu akan memakan mereka.



Simak Video "Ratusan Anak Penyu Dilepas di Pantai Lowita Sulsel"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA