Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Agu 2021 20:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Baru Asyik! Wisata Vaksin di Taman Kyai Langgeng Magelang

Eko Susanto
detikTravel
Wisata vaksin di Taman Kyai Langgeng Magelang
Foto: Wisata vaksin di Taman Kyai Langgeng, Magelang (Eko Susanto/detikTravel)
Magelang -

Pemerintah Kota Magelang melakukan inovasi dengan pelaksanaan vaksinasi. Vaksinasi yang dilakukan di Objek Wisata Taman Kyai Langgeng. Wisata vaksin yang asyik!

Vaksinasi bertitel 'Wisata Vaksin' tersebut dilakukan di kompleks objek wisata Taman Kyai Langgeng, Kota Magelang. Di lokasi ini vaksinasi untuk warga dari 8 kelurahan yang targetnya 1.000 orang.

Adapun di Taman Kyai Langgeng dibagi di dua tempat. Untuk warga delapan kelurahan meliputi Kelurahan Tidar Utara, Tidar Selatan, Rejowinangun Selatan dan Magersari. Kemudian, warga dari Kelurahan Kemirirejo, Cacaban, Jurangombo Utara dan Jurangombo Selatan.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengatakan, wisata vaksin karena selama ini vaksin di rumah sakit maupun puskesmas. Kemudian, sekarang di Taman Kyai Langgeng.

"Iya betul (wisata vaksin). Vaksin selama ini di rumah sakit, di puskesmas, nah kita ajak ke Kyai Langgeng untuk wisata. Vaksin pun bisa di sebuah wahana rekreasi," kata Aziz kepada wartawan di Taman Kyai Langgeng, Minggu (15/8/2021).

Wisata vaksin di Taman Kyai Langgeng MagelangWisata vaksin di Taman Kyai Langgeng Magelang Foto: Eko Susanto/detikTravel

Apa yang dilakukan, kata Aziz, merupakan sebuah inovasi biar tidak terjadi kerumunan. Adapun target hari ini pelaksanaan vaksin sebanyak 2.000 orang yang dibagi di tiga tempat meliputi Taman Kyai Langgeng, Gedung Kyai Sepanjang dan Gedung Wanita Kota Magelang.

"Ya kita inovasi saja biar juga tidak terjadi kerumunan. Hari ini targetnya 2.000 orang, jadi kita pecah 3 lokasi. Disini (Kyai Langgeng) 1.000 meliputi sini 500, bawah 500, Kyai Sepanjang 500 dan Gedung Wanita 500," ujarnya.

Wisata vaksin di Taman Kyai Langgeng MagelangWisata vaksin di Taman Kyai Langgeng Magelang Foto: Eko Susanto/detikTravel

Sementara itu, Direktur Perusahaan Daerah Objek Wisata Taman Kyai Langgeng, Arif Taat Ujiyanto mengatakan, wisata vaksin karena pelaksanaan vaksin di tempat wisata. Jika di tempat biasa kemungkinan beberapa orang takut, namun jika di sini bisa sambil menikmati pemandangan.

"Kita menyebutnya wisata vaksin karena vaksin di tempat wisata. Kalau vaksin di tempat biasa mungkin bagi beberapa-beberapa orang yang mungkin takut disuntik dan seterusnya. Dengan di tempat wisata mungkin peserta vaksinasi bisa sambil menikmati pemandangan, melihat alam, air mancur, pepohonan, hewan-hewan. Semoga bisa lebih rileks dan lebih menyenangkan di dalam mengikuti proses vaksinasi," katanya.

Berdasarkan pantauan, pelaksanaan vaksin ini berjalan sangat lancar. Kemudian warga antusias sekali mengikuti vaksinasi di tempat wisata. Lokasi di Taman Kyai Langgeng ini cukup luas dan bisa menghindari terjadinya kerumunan.

"Kenapa di Kyai Langgeng, kita luas 27 hektare. Kalau sambil menunggu semisal terjadi kerumunan bisa dipecah, jadi bisa lebih leluasa. Alhamdulillah sampai detik ini masih terkendali," ujarnya.

Menurutnya, ini kali pertama untuk pelaksanaan wisata vaksin. Kemudian, nantinya untuk vaksin kedua juga akan dilangsungkan di Taman Kyai Langgeng.

"Wisata vaksin baru pertama, nanti untuk vaksin kedua disini lagi karena memang tadi sarana prasarananya disini sangat mendukung. Ditambah kondisi PPKM kan kita sepi, bahkan tutup dan tidak beroperasi. Kalau ini dimanfaatkan kita sangat senang sekali bisa membantu dan Kyai Langgeng turut berpartisipasi berkontribusi di dalam menekan angka penyebaran Covid-19," ujarnya.

Salah satu peserta vaksin, Sasa warga Cacaban, Kota Magelang, mengakui pelayanan cepat dan tidak terlalu lama. Kemudian lokasinya di tempat wisata dan luas serta tidak kepanasan.

"Bagus, pelayanan cepat. Nggak terlalu lama. Kemarin kalau lihat di sosmes antre banyak, katanya nunggu berjam-jam, disini bagus cepat. Tempatnya luas nggak jenuh, nggak panas," kata Sasa yang juga diiyakan temannya, Gadis.



Simak Video "Menikmati Cita Rasa Kopi Khas Magelang di Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA