Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Agu 2021 11:10 WIB

TRAVEL NEWS

Keren! 5 Bangunan Lawas di Dunia Ini Masih Berdiri dengan Kokoh

Inkana Putri
detikTravel
Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Arsitektur bangunan kuno atau bangunan lawas memang terkenal dengan pondasinya yang kuat. Bahkan, hingga saat ini bangunan tersebut masih berdiri kokoh meski usianya telah ratusan tahun.

Selain kokoh, bangunan kuno juga meninggalkan banyak sejarah masa lalu. Tak heran hingga kini banyak bangunan kuno yang menjadi wisata sejarah di dunia.

Penasaran soal bangunan kuno yang masih eksis sampai sekarang? Melansir travel.earth, berikut kelima bangunan tersebut:

1. Ggantija, Malta

Ggantija merupakan kuil di Malta, Eropa yang telah dibangun sejak 3700 sebelum Masehi. Meski terletak di negara kecil, Ggantija ternyata telah masuk di daftar situs warisan dunia UNESCO, lho.

Berusia lebih tua dari Piramida di Mesir, Ggantija disebut pernah digunakan sebagai tempat untuk memuja raksasa. Sebab, ada banyak sisa-sisa hewan di tungku batu dan ruangan dengan banyak lubang di tanahnya. Halaman luas di depan kuil pun diyakini menjadi tempat pemujaan atau berdoa. Jika diartikan, Ggantija juga memiliki arti raksasa. Meski demikian, sampai sekarang belum ditemukan fosil atau rangka manusia raksasa di Malta.

2. Stonehenge, Wiltshire

Stonehenge di Wiltshire merupakan situs bersejarah andalan Inggris. Sesuai namanya stone (batu) dan henge (lingkaran), Stonehenge memiliki bentuk batu yang membentuk melingkar. Didirikan 3000 tahun SM, batuan terbesar pada Stonehenge mencapai 30 kaki (9,1 meter) dengan bobot terberat sekitar 30 ton.

Stonehenge InggrisStonehenge Inggris Foto: Andi Saputra/detikTravel

Para arkeolog menyebut dulunya Stonehenge didesain untuk memprediksi gerhana. Hingga kini, Stonehenge masih berdiri kokoh dan telah menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1986.

3. Piramida Giza, Mesir

Piramida Giza atau dikenal dengan The Great Pyramid dibangun pada tahun sekitar 2500 SM dan menjadi piramida terbesar di Kairo, Mesir. Bangunan ini disebut menyimpan banyak rahasia dari peradaban Mesir kuno. Bahkan, piramida ini juga dipercaya dibangun sebagai makam Firaun dinasti keempat Mesir.

Selama bertahun-tahun, para arkeologi telah mencoba menjelajahi piramida menggunakan robot. Namun, percobaan ini hanya mencapai Queen Chamber atau Kamar Ratu dan eksplorasi tersebut mengakibatkan kerusakan pada lorong.

morning light on pyramidsPiramida Giza Foto: iStock

4. Istana Minos, Knossos

Istana Minos di Knossos adalah salah satu situs arkeologi paling terkenal di Knossos, Yunani. Dibangun sekitar 2000 SM, Istana Knossos merupakan pusat politik, sosial dan budaya budaya Minoa pada zaman dahulu.

Istana ini memiliki banyak ruangan dengan lukisan bergambar tumbuhan, manusia, hingga manusia. Sekitar 1625 SM,Istana Minos sempat terdampak letusan Santorini. Namun, letusan tersebut tak membuat seluruh pondasi istana sepenuhnya hilang. Bahkan, reruntuhannya kini pun menjadi budaya dari mitos Yunani Theseus melawan Minotaur.

5. Parthenon, Atena

Parthenon merupakan kuil untuk dewi Athena yang dibagun di Akropolis sekitar 447 SM. Adapun tempat tersebut merupakan tempat tinggal raja dan pertahanan terakhir jika kota Athena diserang. Namun, saat pemerintahan oligarki diterapkan di Athena, Akropolis tak lagi menjadi tempat para raja.

Masyarakat di sana pun akhirnya membangun Parthenon sebagai kuil dari batu kapur. Namun, kuil tersebut hancur dalam perang Yunani-Persia dan sisa-sisa reruntuhannya dikubur di bawah Akropolis. Sekitar tahun 440-an SM, rakyat Athena pun kembali membangun Parthein lebih besar dan lebih indah.

Parthenon YunaniParthenon Yunani Foto: Ristiyanti Handayani/d'traveler

Menarik sekali bukan bangunan-bangunan kuno ini? Layaknya bangunan tersebut, Samsung pada ponsel terbarunya yaitu Galaxy Z Fold3 juga dibuat lebih tanggung dan tahan lama.

Meski bodi Galaxy Z Fold3 lebih ramping dan ringan dari Galaxy Z Fold2, ponsel ini diklaim punya durabilitas yang lebih tangguh. Samsung melengkapi seri ini dengan Armor Aluminum terbaru yang disebut terkuat yang pernah digunakan. Selain itu, bagian luarnya juga dilapisi Corning Gorilla Glass Victus.

Bukan hanya itu, sistem engsel pada Galaxy Z Fold3 juga telah diperketat dan ditingkatkan dengan bahan lebih keras dan toleransi lebih tinggi. Menariknya lagi, Galaxy Z Fold3 tahan terhadap air.

Selain kuat, Galaxy Z Fold3 juga dilengkapi dengan layar utamanya berukuran 7,6 inci Dynamic AMOLED 2X, dan S Pen. Ada juga tiga kamera di bagian belakang Fold3 yang masing-masing berukuran 12 MP, sementara kamera depan 10 MP.

Galaxy Z Fold3 hadir dengan lebih banyak pilihan warna, yakni Phantom Black, Phantom Silver dan Phantom Green yang banyak diminati. Dibanderol mulai dari Rp 24.999.000, Samsung Galaxy Z Fold3 bisa didapatkan secara pre-order mulai dari 11 Agustus 2021 dan akan diluncurkan pada 27 Agustus mendatang di sejumlah kawasan, seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Korea Selatan.

Setiap pre-order yang dilakukan untuk Samsung Galaxy Z Fold3, pengguna akan mendapatkan perlindungan Samsung Care+22, layanan perbaikan premium dari Samsung, selama setahun.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini.



Simak Video "Menggenggam Mewahnya Samsung Galaxy Z Fold3 5G!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA