Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Agu 2021 19:38 WIB

TRAVEL NEWS

Cantiknya Sawah di Kulon Progo, Dihiasi 1.000 Bendera Merah Putih

Suasana area persawahan yang dihiasi bendera merah putih di Dobangsan, Giripeni, Wates, Kulon Progo, Senin (16/8/2021).
Suasana area persawahan yang dihiasi bendera merah putih di Dobangsan (Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Jakarta -

Area persawahan di Kulon Progo, DIY mendadak ramai dikunjungi masyarakat. Warga menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat berfoto dengan latar belakang sawah yang telah dihiasi ribuan bendera merah putih.

Sawah ini berlokasi di Dusun Dobangsan, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates. Sejak awal Agustus 2021 kawasan tersebut dipercantik dengan ribuan bendera merah putih dan umbul-umbul untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke 76.

"Untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI warga sangat antusias terkait pemasangan bendera sejumlah 1.000 bendera. Bendera ini dipasang membentang di jalan perasawahan sejauh 500 meter dari barat ke timur dan 1,2 km dari selatan ke utara," ungkap Dukuh Dobangsan, Teguh Supriyono, saat ditemui di lokasi Senin (16/8/2021).

Suasana area persawahan yang dihiasi bendera merah putih di Dobangsan, Giripeni, Wates, Kulon Progo, Senin (16/8/2021).Suasana area persawahan yang dihiasi bendera merah putih di Dobangsan, Giripeni, Wates, Kulon Progo, Senin (16/8/2021). Foto: (Jalu Rahman Dewantara/detikcom)

Teguh menuturkan pemasangan bendera dalam rangka HUT kemerdekaan ini diinisiasi oleh sejumlah pihak, mulai dari tokoh masyarakat, pemuda hingga karangtaruna Dobangsan. Adapun pemasangan untuk peringatan hari kemerdekaan rutin dilakukan warga sejak 3 tahun belakangan. Sumber dana untuk pengadaan bendera dan bambu juga berasal dari swadaya warga sekitar lokasi.

"Ada dari iuran warga sama RT juga, termasuk juga sumbangan warga kami yang sedang merantau. Kalau buat bendera total dana yang terkumpul sekitar Rp15 juta, sedangkan untuk bambu kami dapat secara cuma-cuma dari warga yang punya pohon bambu," jelasnya.

Ia menjelaskan pemasangan bendera ini dilakukan sejak 31 Juli 2021 lalu. Proses pemasangan melibatkan seluruh warga dan memakan waktu hingga 4 hari. "Kami bergotong royong untuk pemasangan ini, sehingga prosesnya bisa berlangsung cepat," tuturnya.

Melalui pemasangan 1.000 bendera ini, Teguh berharap semangat memperingati hari kemerdekaan RI bisa tetap berkobar meski dalam situasi pandemi COVID-19. Lewat cara ini pula, pihaknya ingin agar generasi muda tak lupa dengan Hari bersejarah bagi bangsa Indonesia ini.

Selanjutnya, pesawahan jadi spot foto dadakan

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Alat Berat Dikerahkan Bersihkan Longsor Jalan Kabupaten di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA