Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Agu 2021 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Soal Masuk Mal Pakai Kartu Vaksin, Menparekraf: Sudah Tepat

Seorang pelajar memperlihatkan kartu vaksinasi usai mendapatkan suntikkan vaksin COVID-19 di SMAN 1 Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (14/7/2021). Pemerintah Provinsi Riau bersama Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar vaksinasi massal untuk pelajar untuk mendukung serta mempercepat program vaksinasi nasional. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/foc.
Ilustrasi, kartu vaksinasi Covid-19 (Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Jakarta -

Kemenparekraf angkat bicara terkait syarat masuk mal memakai surat atau kartu vaksin. Kebijakan itu untuk kesehatan masyarakat.

"Terkait isu beberapa kepala daerah yang berkeberatan syarat masuk mall menggunakan kartu vaksin, pertama, kita harus pahami lebih dahulu tujuan dibuatnya aturan hanya masyarakat yang telah menerima vaksinansi Covid-19 yang diperbolehkan masuk dan mal ini harapannya adalah dapat dapat menekan potensi terjadinya penularan Covid-19 di pusat perbelanjaan," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam temu wartawan mingguan secara daring, Senin (16/8/2021).

Kata Sandiaga surat atau kartu vaksin sebagai syarat masuk mal dianggap sudah tepat. Ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya.

"Melampirkan kartu vaksinasi Covid-19, menurut saya dinilai sudah tepat karena mampu dijangkau semua orang, mengingat kami sebagai pemerintah menyediakan vaksin gratis," ujar Sandiaga.

"Dibandingkan harus melampirkan hasil swab/PCR yang berbayar dan memiliki batas waktu tertentu," dia menambahkan.

Hingga kini, syarat masuk mal menggunakan surat atau kartu vaksin masih dalam masa percobaan. Di samping itu, Kemenparekraf akan selalu hadir dalam percepatan vaksinasi untuk mengendalikan angka infeksi Covid-19.

"Saat ini penggunaan kartu vaksin untuk masuk mall masih dilakukan uji coba, akan dianalisa dampaknya seperti apa nantinya," kata Sandiaga.

"Kemenparekraf sendiri saat ini terus ikut berkontribusi mengendalikan angka penyebaran Covid-19 dengan mendorong percepatan vaksinasi, karena vaksinasi menjadi salah satu kunci dalam menekan angka Covid-19 sehingga ekonomi dapat bangkit dengan terbukanya kembali lapangan kerja," dia menambahkan.



Simak Video "Pemerintah Minta Dokter Diaspora 'Mudik' Bantu Atasi Covid-19 di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA