Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Agu 2021 22:05 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Pelaku Ekraf Harus Berani Berubah, Kalau Tidak Punah Seperti Dinosaurus

Tim detikcom
detikTravel
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, Yogyakarta. Sandiaga Uno sempat menjajal offroad.
Sandiaga di desa wisata Pentingsari, Sleman, Yogyakarta Foto: dok. Kemenparekraf
Jakarta -

Pandemi COVID-19 memaksa pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memutar otak lebih keras untuk bertahan. Salah satu upaya yang harus dilakukan pelaku ekraf adalah melakukan digitalisasi produk.

"Karena perubahan itu keniscayaan, kalau kita tidak berubah punah. Pernah terjadi pada dinosaurus, puluhan juta tahun lalu mereka gagal melakukan adaptasi sehingga mereka punah pada saat asteroid atau meteor menghantam bumi. Nah ini bisa kita kategorikan sebagai tantangan yang sama. Dan saya selalu mengidentikkan manusia itu adalah makhluk paling adaptif dan inovatif, dan saya yakin dengan dukungan media dan terutama detikcom dan detikers, sektor kreatif bisa beradaptasi dan mengadopsi normalitas baru dan mudahan ini menjadi salah satu anak tangga agar pariwisata bisa berkualitas dan berkelanjutan," ujarnya saat ngobrol dengan detikcom di IG Live, Senin (16/8/2021).

Kemenparekraf, lanjut Sandiaga, selalu mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk melakukan digitalisasi produk dan usahanya.

"Itulah bagian dari konsekuensi bahwa COVID-19 ini kan memaksa akselerasi digitalisasi, mendorong industri parekraf untuk go digital salah satunya dengan program bangga Indonesia, yang berkaitan dengan program pelatihan, inkubasi dan mereka harus bergabung dengan market place jadi mereka harus masuk ekosistem ekonomi digital. Mudah-mudahan ini bisa menjadi salah satu peluang kita untuk bertransformasi bisnis kita," ujar Sandiaga Uno.

Selain mendorong digitalisasi, pemerintah pun akan mengucurkan bantuan yang diperlukan kalangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Jika tahun lalu bantuan itu hanya untuk pelaku usaha hotel dan restoran, tahun ini akan diperluas misalnya untuk pengelola biro perjalanan wisata, homestay dan sektor ekraf lainnya.

"Sekarang lagi finalisasi dan nanti bekerja sama dengan dinas pariwisata provinsi maupun kabupaten kota, data ini kita kumpulkan dan mudah-mudahan kuartal ketiga bisa finalkan sehingga bisa diterima, bukan hanya hotel dan restoran tapi diperluas untuk misalnya biro perjalanan wisata, pengelola homestay dan banyak yang selama ini belum tersentuh pemerintah. Intinya kita ingin berpihak dan menghadirkan kebijakan yang berkeadilan. Banyak anggota masyarakat yang membutuhkan bantuan dan segera kit sentuh dengan program yang mudah-mudahanbisa diterima dan mereka bisa bertahan dan mereka bisa bertahan dan mereka bisa juga memanfaatkan bukan hanya untuk bertahan untuk berinovasi berkembang ke depan pasca pandemi," ujar Sandiaga.

Simak obrolan lengkap dengan Sandiaga Uno dengan detikcom dalam IG Live di bawah ini:

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Kemenparekraf Kucurkan Miliaran Rupiah untuk Geliatkan Film Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA