Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Agu 2021 18:01 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Merdeka dari Pandemi dengan #DiRumahAja

Tim detikcom
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno Bagikan 1.000 Hewan Kurban ke 17 Provinsi
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Pandemi COVID-19 benar-benar bikin sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pusing 7 keliling. Penutupan tempat wisata selama masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) membuat sektor ini tidak berkutik.

Saat Indonesia akan merayakan HUT Kemerdekaan pun, masyarakat harus membatasi aktivitas di luar rumah guna mengurangi kerumunan, sehingga harus merayakan Kemerdekaan #DiRumahAja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan HUT Kemerdekaan 17 Agustus kali ini bisa dirayakan dengan #DiRumahaja.

"#Dirumahaja itu artinya kita betul-betul memaknai hari kemerdekaan dengan penuh keprihatinan. Karena sekarang ada 34 juta pelaku pariwisata ekonomi kreatif yang berpotensi kehilangan mata pencaharian, dan kehilangan nafkah kehilangan penghasilan. Saya sendiri dl pernah di-PHK dan saya mengerti sekali bagaimana rasanya kita kehilangan sumber ekonomi. Jadi #Dirumahaja ini salah satu bentuk kita menuju kemerdekaan dari pandemi, karena dengan kita patuhi PPKM Level 4 ini, insyaallah dengan vaksinasi, protokol kesehatan, Insyaallah program seperti kampanye bangga buatan Indonesia, yang didukung oleh program pemerintah seperti bantuan program wisata bisa membantu memulihkan," ujar Sandiaga Uno saat ngobrol dengan detikcom di IG Live, Senin (16/8/2021).

Sandiaga pun memuji beberapa usaha anak muda yang bisa menciptakan game-game daring seputar lomba-lomba yang biasa kita ikuti saat agustusan. Jadi masyarakat tak perlu berkumpul di luar untuk mengikuti lomba khas Agustusan.

"Kemarin ada beberapa perusahaan kita, anak muda yang hebat menciptakan game secara daring kita bisa lomba makan kerupuk, lomba lari balap karung, memasukkan pensil ke dalam botol dan terakhir ada lomba bawa kelereng pakai sendok itu ternyata sudah bisa dilakukan #Dirumahaja. Jadi beberapa program pengembangan game ini kemarin sudah bisa kita lakukan dan inilah langkah kita bagaimana teman-teman ikut mendukung dengan #Dirumahaja kita bisa menjadi pahlawan, dan dengan #Dirumahaja Isyaallah mendorong kemerdekaan kita segera pasca PPKM ini diturunkan atau berakhir dan parekraf bisa bangkit dan pulih kembali," ujarnya.

Sandiaga menambahkan masyarakat Indonesia harus siap hidup berdampingan dengan COVID-19. "Dan ini teman-teman detikers dengar pertama kali dari kita, kita harus mempersiapkan untuk hidup berdampingan dengan COVID karena sebagian ahli memprediksi bahwa pandemi ini akan bergeser jadi endemi. Kita harus tetap menerapkan prokes yang ketat dan disiplin dan dengan kemajuan teknologi, vaksinasi, oksigen yang diperluas, mudah-mudahan ketahanan kita terhadap COVID ini semakin baik ke depan," tutup Sandiaga Uno.

Saksikan acara bertajuk Mengisi Kemerdekaan dengan Bersama Menjaga Indonesia yang membahas seputar tantangan, program, serta langkah konkret Kemenparekraf terkait COVID-19 dan percepatan vaksinasi selengkapnya di bawah ini

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA