Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Agu 2021 20:06 WIB

TRAVEL NEWS

Bantuan Pariwisata dan Ekraf Masuk Tahap Kurasi, Sandiaga: September Cair

Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta -

Bantuan insentif pemerintah (BIP) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif masih dalam tahap kurasi. Pemerintah berencana mencairkannya pada bulan depan, September.

Saat ini, Kemenparekraf dan lembaga terkait dalam tahap pemetaan. Selanjutnya, para penerima akan diikat dengan komitmen dan perjanjian kerjasama.

"Untuk BIP sudah dalam tahap kurasi. Terima kasih kepada para kurator yang telah bersedia melakukan kurasi dan bekerja keras untuk mengerjakan kurasi terhadap hampir 2.000 proposal," terang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam temu wartawan mingguan secara daring, Senin (16/8/2021).

"Saat ini telah mendapatkan mapping dari 800 penerima BIP. Calon Penerima BIP nantinya akan melakukan Pengikatan Komitmen dalam PKS dengan Kemenparekraf, yaitu akan dilakukan pada awal September 2021, atau akhir Agustus 2021," imbuh dia.

"Tahapan berikutnya adalah penetapan dari penerima BIP. Akan ada proses penetapan oleh saya sebagai menparekraf. Diharapkan pada awal/pertengahan September 2021 pencairan dapat dilakukan," tegas Sandiaga menambahkan.

Sebelumnya, pemerintah masih dalam proses mencairkan bantuan sosial bagi pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif. Juli berakhir, bantuan itu tak kunjung cair.

Sandiaga memberikan kabar terbaru terkait bantuan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pagu anggaran Rp 2,4 triliun sudah disiapkan melalui berbagai program, yakni sertifikasi CHSE bagi usaha pariwisata, PEN film, dukungan akomodasi hotel untuk tenaga kesehatan serta bantuan pemerintah untuk usaha pariwisata (BPUP).

"Terkait adanya kendala PEN tidak dapat dicairkan pada akhir Juli 2021, harus diakui dinamika di seputar penyiapan program-program di atas memang sangat dinamis. Utamanya adalah ketepatan sasaran program serta akuntabilitasnya," kata Sandiaga.

"Namun kami terus berkomitmen dengan bekerja keras untuk memberikan yang terbaik dalam memberikan bantuan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," imbuh dia.

"Harmonisasi pun terus dilakukan oleh tim. Penyalurannya tentu diharapkan akan dapat tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," kata Sandiaga Uno.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA