Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Agu 2021 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

Traveling dalam Waktu yang Lama? Ini yang Harus Dipersiapkan

Ilustrasi seseorang sedang solo traveling.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

The World Youth Student and Educational (WYSE) Travel Confederation melakukan survei pada 34.000 orang dari 137 negara dan menemukan bahwa milenial kini lebih menggemari perjalanan jangka panjang daripada sekadar pelesir atau tamasya.

Dilansir dari TheAtlantics, banyak anak muda di Australia dan Inggris memilih mengambil gap year untuk melakukan traveling dalam waktu yang panjang keliling negeri atau bahkan ke luar negeri.

Jika kamu tertarik untuk traveling jangka panjang, kamu perlu menyiapkan berbagai hal agar tidak ada yang kelewatan.

Dengan pergi traveling dalam waktu lama, kamu bisa lebih rileks saat menyambangi destinasi wisata yang diimpikan. Bahkan, kamu juga bisa menetap selama beberapa waktu untuk sejenak merasakan pengalaman menjadi warga lokal di destinasi tujuanmu. Akan tetapi, di masa pandemi seperti ini, kamu juga perlu ekstra hati-hati sebelum bepergian dalam waktu yang lama.

Untuk traveling dalam waktu lama, kamu tak hanya perlu menyiapkan budget, tapi juga butuh persiapan informasi, kesehatan, serta mental sebelum menghadapi lingkungan yang baru. Biar tenang saat traveling, kamu bisa menyiapkan 5 hal berikut ini dilansir dari thebudgetmindedtraveler.

Tentukan Destinasi

Hal yang paling utama untuk dilakukan sebelum bepergian dalam waktu yang lama adalah memutuskan ke mana kamu akan pergi. Misal ingin rileks di pedesaan dengan view gunung atau pergi ke pinggiran pesisir untuk berlatih olahraga air selama beberapa waktu. Jika kamu sudah menentukan destinasi, kamu pun bisa mencari cara untuk pergi ke destinasi tujuan.

Selain itu, kamu bisa mulai mencari informasi tempat tinggal di destinasi tujuanmu. Misal, apakah kamu akan tinggal di hotel dalam waktu lama? Atau kamu berniat menyewa apartemen/kamar sewaan selama beberapa waktu. Hal ini perlu kamu siapkah jauh sebelum berangkat traveling agar tidak bingung di tempat tujuan.

Buat Daftar Anggaran

Sudah menentukan destinasi perjalanan impianmu? Selanjutnya penting untuk mulai membuat daftar anggaran baik itu soal biaya hidup sehari-hari, transportasi, akomodasi, hingga dana darurat lainya.

Jika kamu berencana pergi ke luar negeri, kamu juga harus mulai mengetahui perhitungan mata uang di negara tujuan dan menyesuaikannya dengan budget-mu supaya jangan sampai kehabisan uang saat pergi traveling.

Mulai Menabung

Untuk dukung anggaranmu, kamu juga perlu menabung sejak jauh-jauh hari sebelum berangkat traveling. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk nabung traveling, seperti sebisa mungkin menghindari hutang agar tak kepikiran saat sedang dalam perjalanan.

Selain itu, kamu juga bisa mulai membiasakan hidup hemat dengan masak di rumah dan mengurangi jajan di luar. Atau kamu bisa menjual barang-barang yang tak lagi dibutuhkan, terlebih saat kamu meninggalkannya dalam waktu lama.

Jaga Kesehatan

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan sebelum bepergian dalam waktu lama adalah memastikan kondisi kesehatanmu. Nggak mau kan malah sakit saat sedang traveling? Terlebih di era pandemi seperti ini.

Untuk itu, kamu perlu menjaga kesehatan dan mengecek kondisi kesehatanmu sebelum bepergian. Pastikan juga untuk mengetahui kriteria kesehatan di destinasi tujuan, sebab beberapa negara mensyaratkan vaksin khusus untuk perjalanan luar negeri. Siapkan juga obat-obatan yang bisa kamu konsumsi untuk dibawa saat traveling ya!

Siapkan Perjalananmu

Sudah beres dengan hal-hal di atas? Kamu bisa mulai siapkan perjalanan. Salah satunya dengan membeli perlengkapan yang dibutuhkan selama traveling dan mencatat hal-hal yang harus di-pack dalam ransel/kopermu seperti paspor/kartu identitas, tiket, dan lain-lain.

Kamu juga bisa mulai siapkan daftar atraksi menarik di tempat yang ingin dikunjungi, menyiapkan power bank serta paket telepon/data di tempat tujuan, juga membeli tiket perjalananmu!

Untuk bantu kamu mempersiapkan rencana traveling dalam waktu lama, kamu perlu mencatat semua detail persiapan dengan baik dan benar. Samsung Galaxy Z Fold3 bisa jadi solusi buat bantu kamu menyiapkan rencana travelingmu agar tak ada satupun yang kelewatan.

Samsung Galaxy Z Fold3Samsung Galaxy Z Fold3 Foto: dok. Samsung

Smartphone teranyar dari generasi Galaxy Z Series ini dilengkapi dengan S Pen yang dibawa dari Galaxy Note Series. Dengan adanya fitur S Pen yang sudah dioptimalkan untuk layar foldable, kamu bisa mengandalkan smartphone ini untuk multitasking menyiapkan rencana traveling mulai dari browsing informasi destinasi, membuat anggaran, hingga mencatat itinerary.

S Pen untuk Galaxy Z Fold3 hadir dalam dua varian, yakni S Pen Fold Edition dan S Pen Pro. Kedua versi ini telah dibekali Pro tip yang lebih lembut dan force limit technology untuk melindungi layar dari tekanan berlebih.

Sementara itu, Galaxy Z Fold3 didukung prosesor Snapdragon 888 yang dapat diandalkan. Serta Chipset yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB dengan 2 pilihan ROM yaitu 256 GB/ 512 GB.

Dari segi dimensi, Samsung Galaxy Z Fold3 memiliki layar internal Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci yang sudah dilengkapi Dynamic AMOLED 2X Display dengan refresh rate mencapai 120 Hz.

Ponsel lipat dengan desain mulus yang tipis dan ringan untuk dibawa ke mana-mana ini tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver. Kamu bisa mendapatkannya secara pre-order dengan harga mulai dari Rp 24.999.000.

Samsung Galaxy Z Fold3 akan diluncurkan pada 27 Agustus mendatang di sejumlah kawasan, seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Korea Selatan. Setiap pre-order untuk Samsung Galaxy Z Fold3, kamu bisa mendapatkan perlindungan Samsung Care+22, layanan perbaikan premium dari Samsung, selama setahun.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengaksesnya di tautan berikut ini.



Simak Video "5 Alasan Galaxy Z Fold3 Patut Kamu Lirik!"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA