Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Agu 2021 14:38 WIB

TRAVEL NEWS

5 Keuntungan Naik Kereta Bandara, Antimacet Sampai Harga Lebih Murah

Sponsored
detikTravel
kereta bandara
Foto: Freepik
Jakarta -

Transportasi pesawat banyak dipilih karena orang-orang tidak perlu berlama-lama menghabiskan waktu di perjalanan. Selain itu, berbagai fasilitas yang terdapat di pesawat juga sangat memudahkan, Anda akan nyaman selama di penerbangan.

Namun, ada banyak prosedur yang perlu dilakukan sebelum terbang, salah satunya check in tepat waktu. Supaya tidak terlambat saat check in, memilih alat transportasi yang tepat ke bandara juga diperlukan.

Saat ini, pilihan alat transportasi untuk ke bandara semakin beragam. Ada taksi, travel, shuttle bus, dan yang terbaru kereta bandara. Di Indonesia sudah ada setidaknya tujuh airport yang memiliki fasilitas kereta bandara. Ada banyak sekali kemudahan yang ditawarkan jika Anda memilih naik kereta untuk ke bandara. Apa saja?

1. Anti Macet

Berbeda dengan naik bus atau travel, kereta memiliki jalur eksklusif. Jadi saat memilih kereta, Anda akan terbebas dari macet. Selain itu, kereta memiliki jadwal yang tepat, jadi kemungkinan terlambat akan kecil sekali. Jika perjalanan sudah sesuai dengan rencana, berangkat sesuai jadwal, Anda tidak perlu khawatir lagi ketinggalan pesawat.

Coba bayangkan, jika Anda memilih kendaraan jenis lain, misalnya saja travel atau bus, pastinya akan banyak lampu merah yang dilewati. Berhenti di lampu merah juga akan menghabiskan banyak waktu. Tidak hanya itu, akan banyak kejadian lainnya yang membuat kedatangan ke bandara bisa molor. Misalnya, bus dan travel yang masih menunggu penumpang lainnya. Beda kasusnya dengan kereta api, yang menunggu adalah orangnya. Jika Anda terlambat semenit saja, biasanya akan ketinggalan kereta.

2. Nyaman dan Lebih Aman

Fasilitas yang ditawarkan di dalam kereta api bandara sekarang juga membuat banyak orang semakin nyaman. Tak heran orang-orang semakin beralih ke kereta bandara. Ambil satu contoh Kereta Api Bandara Soetta, dengan banyak fasilitas mewah yang memanjakan. Contohnya adalah toilet yang terpisah antara wanita dan pria, colokan pengisi daya atau charging port, sampai dengan full AC.

Belum lagi desain interior yang membuat perjalanan makin nyaman, yakni penumpang bisa mengatur kemiringan sandaran kepala dan tangan. Tidak hanya itu, naik kereta api juga akan aman, jauh dari pencurian atau pencopetan. Sebab, orang-orang yang naik kereta api menunjukkan identitas diri sehingga sangat minim tindak kejahatan di dalam kereta api. Apalagi, sudah banyak CCTV yang bertebaran di berbagai stasiun Tanah Air.

3. Sudah Menerapkan Prokes dengan Baik

Alasan lainnya, di masa pandemi seperti sekarang sangat penting memilih alat transportasi yang menerapkan protokol kesehatan dengan tertib. Nah, kereta api bandara mengikuti berbagai aturan dari pemerintah, salah satunya menerapkan berbagai protokol kesehatan (prokes) dengan baik.

Protokol kesehatan yang wajib dilakukan antara lain mengenakan masker, baik itu di dalam gerbong atau di sekitar stasiun. Selain itu menjaga jarak minimal 1 meter mengikuti berbagai tanda yang sudah disediakan. Penumpang yang memiliki gejala sakit flu dan suhu lebih dari 37,3 derajat celcius pun tidak diperkenankan untuk masuk. Anda juga bisa melakukan pelaporan kepada petugas jika mengetahui ada calon penumpang dengan ciri-ciri gejala COVID-19.

Jika penerapan protokol kesehatan sudah baik, peredaran virus Corona dapat ditekan. Saat berada di perjalanan, Anda pun tidak akan was-was lagi. Namun, ingat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan ya. Partisipasi Anda juga sangat menentukan.

4. Lebih Murah

Harga kerap kali menjadi faktor utama penentu orang memilih alat transportasi. Dengan berbagai kemudahan dan kenyamanan yang diberikan, tarif yang ditetapkan oleh kereta api ternyata sangat terjangkau. Misalnya saja untuk kereta bandara di Jakarta, harganya mulai dari Rp 5 ribu saja. Bahkan untuk kelas mewah, bisa Rp 10 ribu karena sedang promosi.

Sementara untuk kereta bandara di Kualanamu, harganya Rp 50 ribu jika promosi, untuk biasanya adalah Rp 85-100 ribu. Berbeda jika Anda memutuskan untuk rental mobil biaya yang dikeluarkan bisa dua kali lipat. Jika memilih bus, harganya memang akan sedikit lebih murah namun bisa saja oper ke halte-halte berbeda.

Tidak jarang, pihak PT Kereta Api menawarkan harga diskon yang mencapai setengah harga. Dengan demikian, Anda bisa menghemat uang namun fasilitas yang didapatkan tetap yang terbaik.

5. Bisa Beli Tiket Secara Online

Kemudahan lainnya yang ditawarkan jika Anda memilih kereta bandara adalah bisa dibeli secara online. Bagi yang memiliki banyak sekali pekerjaan yang menunggu, ini sangat memudahkan sekali. Bisa pesan sewaktu-waktu juga, jadi perjalanan bisa sedikit lebih gampang.

Dengan membeli tiket secara online, Anda akan menghindari kerumunan dan mengurangi kontak dengan orang lain. Pembayaran secara cashless juga membuat Anda jauh lebih aman dari paparan COVID-19. Sudah sejalan dengan himbauan dari pemerintah. Apalagi pilihan pembayaran untuk membeli tiket online ini juga banyak sekali, mendukung kemudahan dalam prosesnya. Bisa pakai e-money atau langsung ke minimarket terdekat.

Itulah deretan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari memilih kereta bandara untuk transportasi ke airport. Mulai dari menawarkan fasilitas yang nyaman sampai dengan proses pembelian yang gampang dengan sistem online.

Sementara jika Anda sedang mencari tiket untuk bepergian, bisa segera memesannya di Traveloka Lifestyle SuperApp melalui link ini.

(Content Promotion/Traveloka)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA