Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Agu 2021 20:35 WIB

TRAVEL NEWS

Tata Cara Masuk Mal Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Putu Intan
detikTravel
Aplikasi PeduliLindungi di mal
Penggunaan aplikasi PeduliLindungi (Foto: Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Masuk mal kini harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Begini tata caranya.

Mal di DKI Jakarta sudah boleh beroperasi dengan kapasitas 50 persen. Jam operasional juga dibatasi dari mulai pukul 10.00-20.00 WIB.

Untuk masuk ke mal, ada beberapa syarat yang harus traveler patuhi. Yang pertama, pengunjung harus sudah divaksin. Selain itu, pengunjung yang berusia di bawah 12 tahun dan di atas 70 tahun dilarang masuk.

Pengunjung juga wajib menunjukkan bukti vaksinasi melalui sertifikat vaksin dan menginstal aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini berfungsi sebagai syarat untuk memasuki fasilitas umum yang tujuannya mempermudah pemerintah melacak riwayat perjalanan seseorang di masa pandemi COVID-19.

Berikut ini tata cara masuk ke mal menggunakan aplikasi PeduliLindungi:

1. Traveler harus mengunduh aplikasi PeduliLindungi melalui Play Store

2. Isi nama lengkap dan nomor ponsel

3. Traveler akan mendapatkan kode OTP melalui SMS sebagai kode keamanan data

4 . Traveler akan diminta persetujuan untuk mengambil data nomor ponsel agar dapat menghubungi Anda jika ditemukan adanya riwayat kontak di sekitar Anda yang terinfeksi COVID-19

5. Aplikasi akan meminta izin untuk mengakses Bluetooth dan mengaktifkan mode Power Sharing. Pastikan aplikasi ini aktif saat berada di tempat umum

6. Jika sudah, buka aplikasi lalu pilih menu Scan QR Code

7. Arahkan ponsel ke QR Code mal yang traveler kunjungi. Jika sudah, akan muncul bukti bahwa traveler berhasil check-in ke mal tersebut

8. Sebelum keluar mal, traveler akan diminta untuk check-out dengan cara menekan tombol hijau di aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi PeduliLindungi di malPenggunaan aplikasi PeduliLindungi (Foto: Putu Intan/detikcom)

Langkah-langkah di atas cukup mudah dilakukan. Tapi, hari ini masih kerap terjadi eror dalam penggunaan aplikasi PeduliLindungi ini.

Namun traveler jangan khawatir, bila aplikasi tak dapat digunakan untuk memindai QR Code, pengunjung tetap bisa masuk dengan menunjukkan sertifikat vaksin digital di aplikasi tersebut.



Simak Video "Cegah Kebobolan, Wamenkes Minta Perketat Skrining PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA