Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Agu 2021 07:09 WIB

TRAVEL NEWS

Orang yang Membuat Peta Disebut Apa Ya?

Tim detikcom
detikTravel
Peta kerjasama bisnis Donald Trump (The Washington Post)
Foto: Ilustrasi peta (Internet/The Washington Post)
Jakarta -

Selama ini traveler akan melihat peta jika ingin mencari suatu lokasi. Jadi penasaran, orang yang membuat peta disebut apa ya?

Traveler pasti tahu peta. Peta sudah dibuat sejak ribuan tahun silam sebagai penunjuk tempat atau lokasi.

Dihimpun detikTravel dari beragam sumber, Kamis (19/8/2021), ternyata, peta tidak bisa dibuat secara sembarangan. Ada ilmunya tersendiri. Ilmu tersebut bernama kartografi.

Kartografi merupakan seni, ilmu, dan teknologi yang digunakan dalam membuat peta atau globe. Kartografi bersinggungan dengan ilmu geografi, informasi spasial, dan topografi.

Nah, sesuai dengan namanya, maka pembuat peta disebut sebagai kartografer. Secara harfiah, kartografer berarti seorang ahli pemetaan atau pembuat peta.

Seorang kartografer harus paham bagaimana cara untuk membuat peta suatu wilayah sesuai dengan pemahaman geografis. Dia juga harus bisa membuat peta dengan teknik-teknik geografi tertentu.

Peta yang dibuat oleh seorang kartografer harus dapat menunjukkan berbagai macam keterangan. Seperti contohnya batas wilayah, elevasi, sumber air dan bahkan penampakan geologi seluruh tempat.

Seorang kartografer juga perlu kemampuan menggambar, pemahaman penghitungan wilayah, keahlian matematika dan juga pengetahuan lain tentang pembuatan peta.

Menjaga peta agar selalu update juga merupakan kewajiban seorang kartografer. Perubahan atau koreksi pada peta bisa dilakukan oleh kartografer.

Pembuatan peta diduga sudah ada sejak 7.000 SM sejak penemuan lukisan dinding di gua. Lukisan tersebut diyakini sebagai peta tertua di dunia yang menjelaskan lokasi sebuah kota di Anatolia kuno.

Ilmu pembuatan peta kemudian berkembang di tahun 600 SM dan dipelopori oleh bangsa Yunani dan Romawi. Sejak saat itu, orang berlomba-lomba untuk membuat peta dunia.

Kini dengan kemajuan teknologi, kita tinggal melihat peta digital Google Maps. Semua itu berkat jasa kartografer alias pembuat peta.



Simak Video "Jokowi Akan Bangun Green Industrial Park Terbesar di Dunia Bulan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA