Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Agu 2021 11:13 WIB

TRAVEL NEWS

Hotel di Anyer Ini Kehilangan Tamu MICE, Okupansi Hanya 38%

Putu Intan
detikTravel
Serang -

Hotel Aston Anyer Beach terimbas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlangsung hampir dua bulan. Okupansi hotel tak sampai setengahnya.

PPKM yang masih diperpanjang hingga 23 Agustus 2021 berdampak pada industri perhotelan di Indonesia. Salah satu hotel yang merasakan imbasnya adalah Hotel Aston Anyer Beach di Serang, Banten.

Menurut Hotel Manager Aston Anyer Beach, Yeni saat ini tamu-tamu yang datang ke sana umumnya hanya wisatawan yang ingin merasakan liburan sejenak di Anyer. Hotel ini sudah lama tidak kedatangan tamu MICE karena ditiadakannya berbagai pertemuan di masa pandemi COVID-19.

"PPKM ini sangat berpengaruh dengan tingkat hunian. Kita tidak hanya didukung tamu-tamu leisure tetapi juga tamu-tamu MICE. Dengan adanya PPKM ini, kita drop. Nggak ada yang meeting jadi murni tamu-tamu leisure," kata Yeni.

Dari sekitar 100 kamar yang ada di sana, Yeni menyebut okupansi kamar hotel tak sampai separuhnya. "Rata-rata okupansi 80 persen di hari biasa. Selama PPKM hampir 2 bulan, okupansi hanya di 38 persen," sambungnya.

Aston Anyer Beach HotelKondisi Aston Anyer Beach Hotel saat PPKM. Foto: Putu Intan/detikcom

Untuk asal tamu, Hotel Aston Anyer Beach banyak dikunjungi orang-orang dari Jakarta. Namun Yeni juga mengungkapkan, banyak tamu datang dari Bogor, Bandung, Surabaya, Malang hingga Lampung. Karena PPKM ini, tamu datang umumnya berasal dari sekitar Serang.

Hotel Aston Anyer Beach merupakan salah satu akomodasi populer di kawasan wisata Anyer. Hotel ini mengusung tema resor tepi pantai.

Terdapat berbagai fasilitas yang dapat membuat tamu betah di sana. Selain pantai eksklusif untuk tamu, ada juga kolam renang untuk dewasa dan anak. Di sana juga terdapat restoran pinggir pantai yang dapat digunakan untuk bersantai hingga tempat menyelenggarakan pesta, termasuk pernikahan.

Tak ketinggalan, ada juga fasilitas lapangan rumput untuk tamu yang ingin berolahraga. Lapangan ini dilengkapi dengan bola dan gawang yang sering dimanfaatkan tamu untuk futsal. Di lapangan ini juga terdapat trampolin buat kamu yang ingin seru-seruan.

Bagi pemburu foto instagramable, Hotel Aston Anyer Beach juga memasang ayunan di tepi laut. Tamu dapat bermain dan berfoto dengan pemandangan langsung ke arah laut lepas.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA