Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Agu 2021 10:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sebal! Ubur-ubur Raksasa Muncul Sengat Wisatawan Saat Berenang

bonauli
detikTravel
ilustrasi pantai
Ilustrasi pantai (thinkstock)
Malaga -

Berenang di pantai saat liburan musim panas adalah favorit orang-orang Tapi pantai ini malah kedatangan 'tamu' yang menyebalkan.

Bukan karena pantainya rusak atau banyak sampah, pantai satu ini kedatangan ubur-ubur raksasa bernama Rhizoma luteum. Pantai yang dimaksud adalah Costal del Sol di Malaga, Spanyol.

Dilansir dari The Sun, ubur-ubur ini memiliki panjang sekitar 1,8 meter dan lebar 0,6 meter. Ubur-ubur raksasa ini memiliki sengatan di sepanjang tentakelnya.

"Ini seperti sesuatu yang keluar dari film horor," ujar Brit Francisco Martinez, seorang wisatawan.

Makhluk ini mulai muncul di Malaga satu dekade lalu. Ubur-ubur raksasa ini menjadi makhluk yang kerap muncul ketika musim panas tiba.

"Kami tahu bahwa musim panas ini baik untuk ubur-ubur, karena di musim semi kondisinya sempurna bagi mereka untuk berkembang biak," ujar ahli biologi Jesus Bellido di museum Aula del Mar, Malaga.

Keberadaan ubur-ubur raksasa ini bikin wisatawan sebal. Wisatawan yang berenang jadi enggak enjoy berenang karena disengat.

"Saya telah datang ke Costa del Sol selama 20 tahun dan ini belum pernah terjadi sebelumnya. Masa kami harus membawa jaring agar anak-anak dapat berenang di laut?" ungkap Martinez.

Ubur-ubur ini terlihat terdampar di pantai. Saat itu wisatawan dibikin heboh untuk melihat rupa dari ubur-ubur ini.

Spesialis IT Francisco, dari Bromley London Selatan mengaku baru pertama kali melihat ubur-ubur sebesar itu. Setelah diperiksa, ubur-ubur itu sudah mati.

"Penjaga pantai menggunakan kantong sampah untuk mengambil ubur-ubur yang mati, itu benar-benar tidak menyenangkan untuk dilihat. Ini benar-benar merusak pengalaman liburan, terutama setelah kami menghabiskan sepanjang tahun untuk datang ke Spanyol," ucapnya.

Sudah ada puluhan wisatawan yang mengaku disengat ubur-ubur ini dalam sepekan. Korbannya termasuk anak-anak.

Meskipun ubur-ubur ini tidak berbahaya, ilmuwan mengingatkan agar wisatawan tetap menjaga jarak dari tentakelnya jika terlihat saat berenang.



Simak Video "Fenomena Ribuan Ubur-ubur Muncul di Pelabuhan Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA