Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Agu 2021 14:03 WIB

TRAVEL NEWS

Desa Tetebatu Wakili Indonesia di UNWTO, Pengamat: Angin Segar Wisata NTB

Desa wisata Tetebatu
Foto: Desa Wisata Tetebatu (dok. BPPD Lombok Timur)
Jakarta -

Desa wisata Tetebatu resmi mewakili Indonesia di ajang Best Tourism Village UNWTO. Pengamat pariwisata, Taufan Rahmadi menilai ini sebagai angin segar pariwisata NTB.

Berlokasi di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Desa Tetebatu dipastikan wakili Indonesia dalam ajang lomba desa wisata terbaik dunia yang digelar oleh UNWTO (Organisasi Pariwisata Dunia).

Taufan Rahmadi, pengamat pariwisata yang asli Lombok, menilai kabar itu adalah sebuah prestasi yang membanggakan di tengah situasi pandemi seperti sekarang. Apalagi mengikuti ajang dari UNWTO yang berkelas dunia.

"Ini prestasi yang membanggakan bagi pariwisata NTB untuk mewakili Indonesia di kancah dunia di tengah krisis pandemi. UNWTO ini organisasi PBB bidang Pariwisata Dunia. Masuknya desa Tetebatu Lombok Timur akan memberikan dampak branding dan eksposure yang kuat dan luas tentang pariwisata NTB secara Nasional dan Internasional," ungkap Taufan dalam keterangannya kepada detikTravel, Selasa (24/8/2021).

Terpilihnya desa Tetebatu juga menjadi angin segar bagi sektor pariwisata NTB, maupun sektor UMKM. Nama pariwisata NTB bisa mendunia dan bisa mendatangkan wisatawan.

"Ini merupakan angin segar bagi bangkitnya UMMKM dan pariwisata di NTB, dimana pasca ditetapkannya sebagai wakil Indonesia akan merangsang keingintahuan wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata atau desa wisata Tetebatu yang ada di Lombok Timur," imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi menyebut desa Tetebatu memiliki setidaknya 6 keunggulan, antara lain punya warisan (heritage), budaya, air terjun yang terdapat lebih dari tiga titik, bumi perkemahan (camping ground), wisata ramah lingkungan (Ecogreen) dan memiliki lintasan down hill atau sepeda sepeda gunung.

Desa Tetebatu juga sering menjadi buruan pecinta fotografi, khususnya bagi mereka yang ingin memotret keindahan sunrise yang menawan. Saat senja datang, wisatawan akan merasa seolah menyatu dengan alam yang begitu tenang, sunyi dan sejuk di desa wisata Tetebatu.



Simak Video "Menikmati Pesona Keindahan Desa Tetebatu Lombok yang Memukau"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA