Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Agu 2021 10:24 WIB

TRAVEL NEWS

Menanti 'Kesempurnaan' Masjid Al Jabbar, Masjid Terapung di Bandung

Yudha Maulana
detikTravel
Masjid Apung Al Jabbar
Masjid terapung Masjid Al Jabbar di Gedebage, Bandung (Wisma Putra/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Bandung -

Pembangunan Masjid Raya Al Jabbar terhenti karena pandemi virus Corona. Gubernur Jabar Ridwan Kamil optimistis meresmikan masjid terapung di Gedebage, Bandung tahun depan.

Pembangunan Masjid Al Jabbar dihentikan selama 1,5 tahun karena terimbas badai COVID-19. Artinya, pembangunan molor dari jadwal yang direncanakan, seharusnya rampung tahun ini.

"Pembangunan Masjid Raya Al Jabbar bisa kembali dilanjutkan setelah 1,5 tahun terhenti selama pandemi covid ini," tulis Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya.

[Gambas:Instagram]



Pekerjaan konstruksi masjid dengan konsep terapung itu dikerjakan oleh konsorsium kontraktor Adhi Karya dan HK. Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengatakan Masjid Al Jabar bakal dilengkapi dengan Museum Rasulullah dan Museum Al Quran di lantai dasarnya.

Selain itu, masjid dengan kapasitas 60 ribu jemaah itu rencananya memiliki Museum Asmaul Husna, Museum Sejarah Islam Indonesia, dan Museum Sejarah Islam Jawa Barat.

Rencananya, area masjid juga dilengkapi dengan fasilitas manasik haji. Juga, penginapan, perpustakaan, ruang pertemuan.

"Jika Allah lancarkan urusan, Insya Allah bisa diresmikan di akhir tahun depan," ujar Kang Emil.

Masjid Al Jabbar berdiri di atas lahan seluas 25,9 hektare. Sebelum proyek dihentikan, pembangunan Masjid Raya Al Jabbar sudah memasuki tahap ketiga yang meliputi pekerjaan detail eksterior dan interior, seperti taman, air mancur, dan fasilitas untuk difabel.

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat Koswara mengatakan, sebelum wabah, dana yang dialokasikan untuk penyelesaian masjid yang dibangun di atas embung itu mencapai Rp 360 miliar.

"Karena teralokasikan Rp 31,5 miliar dari kebutuhan 360 miliar, sisanya kita geser ke tahun depan juga," kata Koswara, Selasa 23 Juni 2020.



Simak Video "Kawah Putih dan Glamping Lakeside Bersiap untuk Uji Coba Pembukaan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA