Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Agu 2021 15:41 WIB

TRAVEL NEWS

4 Daerah di Jabar Buka Wisata, Mana Saja?

Yudha Maulana
detikTravel
Objek Wisata Situ Cipanten Majalengka
Objek Wisata Situ Cipanten Majalengka (Bima Bagaskara/detikcom)
Bandung -

Empat daerah di Jawa Barat diperbolehkan membuka tempat wisata di masa PPKM ini. Di mana saja?

Daerah yang diizinkan untuk membuka wiasta sudah harus masuk kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. Yakni, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Garut.

"Sesuai dengan aturan Inmendagri yang jadi acuan, daerah yang masuk level 2 boleh buka (tempat wisata) tapi dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik saat dihubungi, Rabu (25/8/2021).

Mengacu kepada Inmendagri No 35 Tahun 2021, tempat wisata umum; area publik. Taman Umum dan area publik lainnya di daerah yang masuk dalam kategori PPKM Level 2 memang diperkenankan untuk dibuka. Tetapi syaratnya, kapasitas maksimum tempat tersebut hanya bisa terisi 25%.

Begitu pun dengan kegiatan seni budaya, olahraga dan sosial yang tetap diperkenankan untuk digunakan atau digelar tetapi dengan pembatasan maksimal 25%.

"Acuannya Inmendagri, sembari menunggu semua levelnya membaik, kami fokus melakukan vaksinasi untuk bisa mempercepat target herd immunity. Pengelola wisata juga bisa terus memperkuat protokol kesehatan dan CHSE nya," Dedi melanjutkan.

Dedi mengatakan tempat wisata di zona PPKM Level 3 dan 4 memang belum diperkenankan untuk buka. Tetapi, ada relaksasi bagi daerah di Level 3, yakni dine-in di restoran dan tempat pertemuan (MICE).

"Kalau di level 4 belum," dia menuturkan.

Hingga saat ini, ada 19 daerah yang masuk ke dalam zona PPKM Level 3 di Jabar, yaitu Kab. Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kab. Bekasi, Kota Bekasi, Kab. Karawang, Kab. Purwakarta, Kab. Indramayu, Kab. Cirebon, Kab. Kuningan, Kab. Ciamis, Kota, Banjar, Kab. Pangandaran, Kota, Tasikmalaya, Kab. Bandung, Kab.Bandung Barat, Kab. Sumedang, Kota Bandung, Kota Cimahi.

Sedangkan yang masuk kategori PPKM level 4 adalah Kab. Cianjur, Kab. Sukabumi, Kota Sukabumi, dan Kota Cirebon.

"Daerah yang masuk level 3 dan 4 memang belum bisa beroperasi untuk destinasi wisata. Beberapa relaksasi diberikan untuk dine in dan MICE dan lain-lain itu sudah boleh kalau di level 3, di level 4 memang belum," kata dia.

Dedi menyebut akan menggandeng pelaku industri pariwisata untuk mengebut vaksinasi Covid-19. Ia berencana menyelenggarakan vaksinasi di beberapa tempat wisata di Jabar.

Penyelenggaraan vaksinasi yang sudah terealisasi adalah vaksinasi di pusdikkav Kabupaten Bandung Barat. Acara vaksinasi di Pusdikkav yang berlangsung pada 20-24 Agustus 2021 berhasil menyasar 7.507 orang.



Simak Video "Vaksinasi Covid-19 Disabilitas Terkendala Dukungan Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA