Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Agu 2021 11:52 WIB

TRAVEL NEWS

Imbas Pandemi, Dusun Bambu Cisarua Bikin Terobosan Lho

Wishnu Pradana
detikTravel
Dusun Bambu Cisarua
Dusun Bambu Cosarua (Wishnu Pradana/detikcom)
Cisarua -

Pandemi COVID-19 yang terjadi selama 1,5 tahun terakhir ditambah kebijakan untuk menekan kasus membenamkan sektor pariwisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Dusun Bambu di Cisarua bikin terobosan, penasaran?

Upaya itu dibuat pengusaha sebagai jalan keluar instan agar tak kian tenggelam hingga kemudian gulung tikar. Apalagi, saat ini belum ada kepastian kapan wisata bisa kembali beroperasi.

Pengelola objek wisata Dusun Bambu, di Cisarua, Bandung Barat, melakukan perubahan yang sangat mendasar. Dari objek wisata, kini Dusun Bambu berubah menjadi restoran bertema outdoor.

Secara fundamental, Dusun Bambu tak mengubah tampilan. Namun, konsep pelayanan dan jasa yang ditawarkan sudah jauh berbeda dari sebelumnya. Tak ada lagi pembelian tiket masuk bagi pengunjung.

"Kami terus melakukan inovasi, sekarang kami hadir dengan konsep baru, yaitu Outdoor Dining Resort. Jadi, kami sepenuhnya berfungsi sebagai restoran outdoor terbesar di Bandung," ujar Komisaris Dusun Bambu Endy Tjahyadi kepada detikcom, Rabu (25/8/2021).

Endy menyebut banyak waktu yang dihabiskan untuk akhirnya memutuskan perubahan konsep dari objek wisata menjadi restoran outdoor. Ia tak menampik, besar kecilnya keputusan tersebut juga karena pandemi COVID-19.

Dusun Bambu CisaruaDusun Bambu Cisarua Foto: Wishnu Pradana/detikcom

"Jadi, kami melakukan swot analisis, strengths yang kita punya, kemudian opportunities, dan juga threats yang juga muncul. Jadi kita mensimulasikan swot analisis tersebut, bahwa kita itu kuat dimana saat pandemi ini terjadi," kata Endy.

Berdiri di area seluas 15 hektare, ada tiga restoran utama yang bisa dijajal pengunjung. Yakni, Restoran Burangrang, Purbasari, dan Lembur Urang. Ketiganya memiliki konsep berbeda satu sama lain.

"Jadi, orang datang ke sini untuk makan, bonusnya bisa menikmati suasana alam yang asri. Kalau istilah kita 'mandi udara' karena di sini zero polution," katanya.

Halaman berikutnya >>> Timbang-timbang konsekuensi ubah konsep

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Naik Sampan dengan Pemandangan Asri Dusun Bambu Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA