Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Agu 2021 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Tragis, 550 Domba Mati Tersambar Petir

Putu Intan
detikTravel
Bridport Dorset
Ilustrasi domba. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Bukan pepatah, petir di siang bolong benar-benar terjadi dan mengagetkan karena berdampak besar. Ratusan domba milik peternak mati karena sambaran petir itu.

Peristiwa itu terjadi di Ninotsminda, Georgia selatan pada 9 Agustus 2021. Melalui sebuah rekaman video yang dirilis media Georgia, terlihat segerombol domba mati terkapar di atas padang rumput.

Salah satu pemilik domba-domba itu, Nikolay Levanov mengungkapkan ia mengetahui kejadian nahas ini dari penggembala dombanya. Penggembala itu mengatakan telah terjadi badai petir yang menyebabkan ratusan domba tewas seketika. Beruntung, dirinya hanya pingsan ketika tersambar petir dan akhirnya pulih.

Dilansir dari Oddity Central, Jumat (27/8/2021) fenomena ini terbilang sangat langka. Levanov dan pemilik domba lainnya telah meminta bantuan keuangan kepada otoritas Georgia untuk mengurangi kerugian mereka.

Akan tetapi, otoritas Georgia melalui tanggapan resminya mengatakan bahwa kematian domba-domba itu harus dipastikan terlebih dahulu. Ini mengingat peristiwa semacam ini sangat jarang terjadi.

"Jujur ini kasus pertama. Kami belum pernah mendengar badai petir dapat membunuh begitu banyak domba," kata Wakil Walikota Ninotsminda, Alexander Mikeladze.

"Tentu saja, kantor walikota akan memberikan bantuan tetapi pertama-tama, peternak itu harus membawa pendapat para ahli untuk memastikan penyebab kematian massal secara akurat," sambungnya.

Beberapa hari setelah kejadian, tepatnya 12 Agustus 2021, diumumkan bahwa 550 domba dibakar di tempat. Alasannya, medan pegunungan menyulitkan pengangkutan domba-domba ini. Namun hingga saat pembakaran dilakukan, belum jelas apakah pemilik domba mendapatkan kompensasi atau tidak.

Peristiwa matinya hewan karena tersambar petir sebenarnya pernah terjadi juga di Norwegia pada 2016. Saat itu sebanyak 300 rusa mati di daerah terpencil di dataran tinggi Hardanangervidda yang tandus.

Di Indonesia, kejadian serupa juga terjadi pada 20 Agustus 2021. Sebanyak 19 kerbau tersambar petir di Bondar Sihudon, Desa Uratan, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Sambaran petir itu juga menewaskan si penggembala kerbau.



Simak Video "Berteduh di Rumah Sawah, Petani di Polman Tewas Disambar Petir"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA