Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Agu 2021 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

Penerbangan Batik Air Dialihkan ke Medan, Penumpang Dapat Kompensasi

Putu Intan
detikTravel
Pesawat Batik Air rute Banda Aceh-Jakarta terpaksa dialihkan ke bandara Kualanamu. Diketahui pesawat yang bertujuan ke Jakarta itu mendarat darurat pada pukul 11.45 WIB.
Foto: ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Jakarta -

Pesawat Batik Air dengan rute Banda Aceh-Jakarta harus dialihkan ke Bandara Kualanamu pada Minggu (29/8/2021). Penumpang diberi kompensasi atas keputusan ini.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro melalui rilis yang diterima detikcom menyampaikan bahwa perubahan rute yang dilakukan sudah sesuai prosedur. Pesawat juga mendarat normal (bukan pendaratan darurat) di Bandara Kualanamu Deli Serdang pada pukul 11.49 WIB.

Saat ini Batik Air menyampaikan informasi sesuai perkembangan dan sudah memberikan pelayanan kompensasi keterlambatan keberangkatan (delay management) berdasarkan ketentuan berlaku, berupa makanan ringan (snacks), air mineral, makanan berat (meals).

Di samping itu, Batik Air juga telah memberangkatkan kembali para penumpang di hari yang sama dengan dua pesawat pengganti yang dinyatakan laik terbang. Kedua pesawat itu terbang dari Bandara Kualanamu menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun untuk rinciannya, penerbangan pertama dengan pesawat Boeing 737-900ER berangkat pukul 16.00 WIB dan sudah mendarat pada 18.00 WIB. Kemudian penerbangan kedua, dengan pesawat Boeing 737-900ER berangkap pukul 16.39 WIB dan sudah mendarat pada 18.39 WIB.

Batik Air juga mengakomodir pilihan (opsi) sesuai permintaan tamu penerbangan ID-6897, antara lain: perubahan jadwal keberangkatan (reschedule), pengembalian dana dari tiket (refund). Batik Air meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Batik Air lainnya tidak terganggu.

Sebelumnya, pesawat Batik Air Airbus 330-300 asal Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh mengudara pada pukul 10.45 WIB menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng. Pesawat ini mengangkut 271 penumpang, dua awak kokpit, dan 9 awak kabin.

Pesawat itu dijadwalkan mendarat pukul 12.50 WIB namun ternyata harus dialihkan terlebih dahulu ke Bandara Kualanamu. "Dikarenakan ada indikator pada kokpit yang menunjukkan komponen pada salah satu mesin pesawat perlu dilakukan pengecekan atau pemeriksaan," jelas Danang dalam keterangan persnya, Minggu (29/8/2021).



Simak Video "Kronologi Batik Air Tabrak Garbarata di Bandara Ngurah Rai Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA