Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Agu 2021 14:14 WIB

TRAVEL NEWS

Selamat! Wakatobi Dapat Penghargaan Desa Wisata Tourism Award

Antara
detikTravel
Bawah Laut Wakatobi
Panorama bawah laut Wakatobi. Foto: (Zaky Fauzi Azhar/detikTravel)
Wakatobi, Sulawesi Tenggara -

Kecantikan alam Wakatobi memang memesona hingga dianugerahi desa wisata Tourism Award. Keindahan bawah lautnya menjadi poin utama.

Desa Sambano di Pulau Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara berhasil membawa pulang penghargaan itu setelah bersaing dengan beberapa daerah. Mereka menang karena memiliki panorama bawah laut yang mengagumkan.

Dilansir dari Antara, Selasa (31/8/2021) terdapat empat kategori penilaian yakni kategori berbasis wisata alam, kategori berbasis wisata budaya, kategori berbasis ekonomi kreatif, dan kategori berbasis wisata kuliner. Wakatobi meraih penghargaan kategori desa wisata spesial recognition (pengakuan khusus) kompetisi desa wisata Trisakti Tourism Award.

Tim juri dari praktisi pariwisata dan diketuai oleh ketua tim forum pariwisata Indonesia terdiri dari akademisi, praktisi lingkungan, kuliner dan berbagai para profesional-profesional yang ada di bidangnya.

Trisakti Tourism Award merupakan lomba kedua yang dilaksanakan oleh PDI Perjuangan, khusus desa-desa wisata. Harapan penyelenggara bahwa penghargaan jangan hanya sebatas penghargaan, tetapi kemudian ditindaklanjuti dengan kebijakan yang konsisten dan tegas tentang pengembangan pariwisata.

Wisata alam dan budaya yang berbasis kuliner dan ekonomi kreatif harus dikembangkan secara maksimal agar bermanfaat bagi pengembangan ekonomi masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia dan dunia saat ini.

"Alhamdulillah baru dua bulan menjadi Bupati Wakatobi sudah meraih penghargaan tingkat nasional setelah bersaing dengan beberapa daerah yang luar biasa kepariwisataannya seperti Banyuwangi, Nusa Tenggara Barat (NTB), Bali dan Beberapa daerah di pulau Jawa," kata Bupati Wakatobi Haliana yang dikonfirmasi melalui saluran telepon.

Prestasi ini bukanlah akhir tetapi awal sekaligus menjadi tantangan ke depan agar bekerja keras sehingga seluruh desa memiliki keunggulan-keunggulan yang khas.

"Saat ekspos menonjolkan pantai pasir putih, dan udang merah yang ada di Danau Sombano. Saya berharap kita semua menjaga kelestarian-kelestarian alam yang ada di Sombano, baik itu danau, bebatuan, hutan dan sebagainya," ujarnya.

Karena Wakatobi juga adalah cagar biosfer maka semua pihak konsisten menjaga kelestarian lingkungan, sehingga menjadi andalan Indonesia.

Simak artikel selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kala Lahan Jati Disulap Jadi Taman Edukasi"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA