Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Agu 2021 17:31 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Canangkan Bali Jadi Destinasi Wisata Kesehatan, Bisa?

Ilustrasi di rumah sakit
Ilustrasi rumah sakit (Foto: iStock)
Jakarta -

Bali jadi salah satu daerah yang dicanangkan menjadi destinasi wisata kesehatan. Menparekraf Sandiaga Uno mengamini bahwa isu tersebut benar adanya.

"Terkait potensi Bali sebagai destinasi wisata kesehatan (health destination) dan wisata medis (medical tourism destination), memang merupakan salah satu program yang akan dijalankan Kemenparekraf," kata Sandiaga dalam acara temu wartawan mingguan secara daring.

Bahkan, beberapa waktu lalu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan perkumpulan dokter wisata yang mendalami sektor ini. Sebelum itu, mereka sudah menyusun rencana selama enam bulan.

"Medical check-up yang kami lakukan beberapa waktu bekerja sama dengan Perkedwi atau perkumpulan dokter wisata merupakan uji coba dari medical tourism, dan telah dirapatkan dan disurvei sebelumnya selama 6 bulan," kata Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandi menyebut bahwa dunia kesehatan di Indonesia bakal bisa bersaing luar negeri dan sudah mendekati. Kekurangan aspek kesehatan di kita adalah sisi pelayanan.

"Indonesia sudah mulai menapak ke good quality dan sebentar lagi dapat bersaing dengan RS di luar negeri. Hal yang perlu ditingkatkan dari RS adalah pada aspek pelayanan," terang dia.

Sudah ada tiga daerah yang diproyeksikan sebagai destinasi wisata kesehatan, salah satunya Bali. Pemerintah dalam hal ini akan menyasar wisatawan lokal agar tak pergi berobat ke luar negeri lagi karena di dalam negeri sudah memadai layanannya.

"Jakarta, Medan, dan Bali direncanakan akan dipromosikan sebagai tempat tujuan wisata kesehatan," tegas Sandiaga.

"Untuk promosi wisata kesehatan nantinya akan lebih dulu dilakukan dengan menyasar wisatawan nusantara. Terlebih mereka yang selama ini sering melakukan pengobatan ataupun medical check up ke luar negeri," pungkas dia.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA