Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Mar 2021 06:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

30 Tempat Wisata Bandung untuk Liburan Akhir Pekan

Putu Intan
detikTravel
Wot Batu merupakan sebuah tempat wisata seni dan budaya di Bandung, Jawa Barat. Warga banyak menghabiskan akhir pekan dengan berlibur di sini.
30 tempat wisata di Bandung yang asyik buat akhir pekan Foto: Grandyos Zafna
Bandung -

Libur akhir pekan dapat dinikmati dengan wisata di Bandung. Dekat dengan ibu kota, Bandung memiliki banyak objek wisata menarik.

Baik Kota maupun Kabupaten Bandung dikenal sebagai gudangnya objek wisata. Mulai dari wisata alam, belanja, hingga kuliner, semua ada di Bandung.

Supaya traveler tidak bingung, detikTravel merekomendasikan 30 objek wisata di Bandung yang dapat kalian kunjungi. Ini daftarnya.

1. The Hallway Bandung

The Hallway Creative Space merupakan tempat puluhan tenant yang menjual beragam prodak fashion hingga kuliner yang dibuat oleh milenial Bandung.The Hallway Creative Space merupakan tempat puluhan tenant yang menjual beragam prodak fashion hingga kuliner yang dibuat oleh milenial Bandung. Foto: Wisma Putra/detikcom

Tempat yang satu ini cocok banget untuk anak muda yang mau belanja sekaligus nongkrong. Yup, The Hallway yang terletak di Pasar Kosambi Bandung ini merupakan pusat jual-beli para milenial.

Di sana, terdapat 65 tenant yang menjajakan berbagai produk karya milenial. Mulai dari pakaian distro, pernak-pernik motor, barang-barang vintage, sampai kafe yang menjual aneka menu kekinian.

The Hallway buka pukul 12.00-22.00 WIB untuk weekday dan pukul 12.00-23.00 WIB saat weekend. Bawalah uang jajan Rp 50 ribu jika main ke sana.

2. Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya (Tahura) DjuandaTaman Hutan Raya (Tahura) Djuanda Foto: Siti Fatimah/detikcom

Puas belanja, enaknya main ke alam kali ya? Tak perlu jauh-jauh sampai mendaki gunung, menuruni lembah atau lari ke pantai. Traveler bisa menikmati kesejukan alam Bandung di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau Taman Hutan Raya Djuanda.

Hutan ini merupakan kawasan konservasi bagi berbagai sekitar 2.500 jenis tumbuhan, salah satunya pinus. Di sana juga terdapat jembatan gantung yang biasanya dijadikan spot foto instagramable. Selain itu, di sana traveler juga dapat mampir ke aliran Sungai Cikapundung dan Citarum.

Tiket masuk Tahura

Taman Hutan Raya Djuanda ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 15.000.

3. Tebing Keraton

Tebing KeratonTebing Keraton Foto: Baban Gandapurnama/detikINET

Tebing Keraton sangat populer di kalangan anak muda. Tempat ini menawarkan pemandangan alam dari ketinggian.

Tempat wisata di Bandung ini cocok untuk melihat pemandangan indah Kota Bandung secara keseluruhan. Dari puncaknya, kita dapat melihat kawasan hutan Kota Kembang dan menikmati sinar mentari yang memanjakan tubuh.

Jika traveler tertarik untuk berlibur ke tempat yang memacu adrenalin, maka tempat ini pilihan yang tepat untuk berwisata. Traveler juga tidak perlu khawatir kantong akan bolong karena biaya masuk ke Tebing Keraton hanya perlu membayar sekitar Rp 11.000.

4. Batu Kuda

Situs Batu Kuda di Bandung Timur lekat dengan kisah mistisSitus Batu Kuda di Bandung Timur lekat dengan kisah mistis Foto: Siti Fatimah/detikTravel

Ingin merasakan nuansa pedesaan, bisa nih berwisata ke Batu Kuda. Objek wisata ini terletak di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileungi, Kabupaten Bandung.

Batu Kuda merupakan objek wisata di Bandung yang terkenal akan kearifan lokal dan kisah mistisnya. Tempat ini menyuguhkan ketenangan dan suasana alam yang asri.

Situs batu kuda sendiri merupakan peninggalan agama pra-Islam yang berwujud seekro kuda yang menjadi tunggangan Prabu Layang Kusuma dan permaisurinya, Ratu Layang Sari.

Kuda terbang tersebut berasal dari gunung Kidul dan bernama kuda Semprani yang sedang melintasi gunung Manglayang dari arah Cirebon menuju Banten.

Hamparan pohon pinus yang ada di obyek wisata ini dan bebatuan yang tertanam di lokasi wisata juga menjadi spot foto favorit bagi para pengunjung.

Batu Kuda dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 05.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 7.500.

5. The Great Asia Afrika

The Great Asia AfrikaThe Great Asia Afrika Foto: (Celebrity on vacation/instagram)

Mampir ke tujuh negara dalam sehari? Itu mungkin dilakukan di The Great Asia Afrika Bandung. Di sana traveler bisa melihat replika bangunan ikonik dari berbagai negara seperti India, Korea Selatan, Jepang, dan Timur Tengah.

Selain itu, traveler juga bisa menyewa kostum tradisional dari berbagai negara. Cocok, kan untuk koleksi foto instagramable?

Buka dari pukul 09.00-18.00, tempat wisata di Bandung ini sudah dilengkapi dengan protokol kesehatan. Berada di Jalan Raya Lembang-Bandung nomor 71, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, kamu bisa datang ke sini untuk melepas penat. Harga tiket selama pandemi Rp 50.000 per orang.

6. The Lodge Maribaya

Tempat wisata di LembangTempat wisata di Lembang Foto: Yudha Maulana/detikcom

The Lodge Maribaya Bandung masih bisa dibilang sebagai tempat wisata baru di Bandung. Tempatnya instagrammable karena dikelilingi oleh pegunungan dengan hutan pinus yang khas, udara, dan suasana yang segar banget.

Pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti camping, trekking, atau hanya sekadar refreshing menikmati kuliner.

The Lodge Maribaya terletak di Jalan Maribaya No. 149/252, RT. 03 / RW. 15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiketnya dimulai dari Rp 45.000.

7. Farmhouse Lembang

Farmhouse LembangFarmhouse Lembang Foto: (Nfadils/d'Traveler)

Mau menikmati wisata bernuansa Eropa di Bandung? Bisa banget. Kunjungi saja Farmhouse Lembang Bandung.

Sesuai dengan namanya lokasi ini sejatinya sebenarnya sebuah peternakan dan pusat pengolahan susu yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat ataupun para pengunjung.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke Farmhouse Lembang tujuannya adalah foto-foto atau menikmati makanan yang ada di sana. Selain itu traveler juga bisa menikmati petualangan asyik seperti halnya rumah.

Bagi traveler yang ingin mengisi waktu keluarga ataupun quality time bersama anak-anak juga bisa menikmati pemandangan atau susu segar, sembari duduk-duduk.

Farmhouse Lembang terletak di Jalan Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat. Tempat wisata di Bandung ini buka mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Harga tiketnya Rp 30.000.

8. Lereng Anteng

Lereng Anteng BandungLereng Anteng Bandung Foto: Arina Yulistara/Wolipop

Objek wisata di Bandung ini sangat populer di kalangan anak muda. Biasanya mereka akan nongkrong sambil minum kopi. Jika ingin bersantai menikmati pemandangan, juga bisa.

Lereng Anteng berada di kawasan wisata Punclut, Kampung Pageurmaneuh, Lembang. Kabupaten Bandung Barat. Jam operasional tempat ini di hari biasa adalah 09.00-20.00 WIB, sedangkan Sabtu mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

9. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest di LembangOrchid Forest di Lembang Foto: (Rani Retnosari M/d'Traveler)

Wisata alam lainnya di Bandung adalah Orchid Forest Cikole. Kawasan ini terletak di Genteng, Cikole, Lembang, Bandung Barat.

Di sana, traveler bisa menjajal naik kuda sambil berkeliling menikmati suasana hutan yang asri. Tersedia juga paket piknik untuk 4 orang seharga Rp 180 ribu.

Orchid Forest Cikole buka setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 WIB. Menjelang malam, tempat ini akan dipenuhi cahaya warna-warni. Cantik, bukan?

10. Lembang Wonderland

Lembang WonderlandLembang Wonderland Foto: Yudha Maulana/detikcom

Masih di kawasan Lembang, tempat wisata ini jangan sampai dilewatkan. Ya, Lembang Wonderland.

Pemburu foto instagramable akan terpuaskan di sini karena terdapat berbagai spot foto yang menarik. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Lembang nomor 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Lembang Wonderland buka mulai pukul 10.00-18.00 WIB setiap Senin-Kamis, hari Jumat pada pukul 10.00-19.00 WIB, sementara pada Sabtu-Minggu mulai pukul 10.00-20.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 35 ribu.

Tempat wisata di Bandung selanjutnya: Floating Market

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA