Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Sep 2021 14:06 WIB

TRAVEL NEWS

PPKM Diperpanjang, Okupansi Hotel di Belitung Tinggal 20%

Putu Intan
detikTravel
Sheraton Belitung Resort
Foto: dok. Sheraton Belitung Resort
Jakarta -

Belitung masih berstatus zona PPKM Level 3. Salah satu destinasi wisata top itu kehilangan pengunjung yang berdampak pada rendahnya okupansi hotel.

PPKM yang masih terus berlangsung sampai 6 September 2021 berdampak pada sektor perhotelan, termasuk hotel dan resort yang ada di Belitung. Negeri Laskar Pelangi itu kini harus bertahan pada tingkat okupansi 20 persen.

Salah satu hotel yang mengalami hal ini adalah Sheraton Belitung Resort. Director of Sales & Marketing Sheraton Belitung Resort Agung Ismail mengatakan minggu terakhir bulan Agustus menjadi periode paling sepi bagi hotel tersebut.

"Okupansi di minggu ini paling rendah. Minggu depan lumayan karena akan ada pergerakan kunjungan dari kementerian. Tapi di bulan Juli, okupansinya tidak jauh dari 20%, sama seperti di Belitung secara keseluruhan," kata Agung melalui virtual meeting.

Menurut Agung, angka ini tidak jauh berbeda dengan okupansi hotel di daerah pantai lainnya seperti Bali dan Bintan. Agung mengatakan saat ini memang secara umum kondisi hotel sedang sepi namun mereka terus mempersiapkan diri untuk menyambut tamu di masa pandemi COVID-19 ini.

"Fokus kami sekarang ke market lokal karena mobilitas terbatas. Mudah-mudahan setelah vaksinasi bulan November atau Desember, ada kunjungan tamu asing yang masuk," paparnya.

Untuk vaksinasi sendiri, Sheraton Belitung Resort mewajibkan karyawannya untuk vaksin. Agung menjelaskan saat ini vaksinasi karyawan hampir rampung dan ditargetkan selesai pada September 2021.

"Vaksinasi mendekati 100 persen yang dosis pertama. Dan dosis kedua 90 persen karena yang menggunakan Astra Zeneca harus menunggu 3 bulan. Kalau yang menggunakan Sinovac sudah semua. Kami harapkan final 100 persen di minggu kedua September," ujarnya.

Sheraton Belitung Resort merupakan salah satu hotel di Belitung dengan konsep unik, yakni menyuguhkan pemandangan pantai dan hutan hujan tropis. Saat ini protokol kesehatan juga diterapkan di sana, termasuk membersihkan kamar menggunakan disinfektan.



Simak Video "Pengalaman Menginap di Plataran Menjangan Resort and Spa di Bali Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA