Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Sep 2021 20:47 WIB

TRAVEL NEWS

Wali Kota Solo Bolehkan TSTJ dan Taman Balekambang Buka, Begini Kondisinya

Dokter Hewan melakukan persiapan sebelum pengecekan rutin kondisi Gajah peliharaan Taman Satwa Taru Jurug, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (4/5). Taman tersebut juga ikut terdampak Pandemi Covid 19. Disatu sisi koleksi hewan tetap membutuhkan pakan namun disisi lain tidak ada pemasukan dari pengunjung karena Taman Satwa Taru Jurug juga ikut diliburkan mengkuti masa Kondisi Luar Biasa kota Solo.
Taman Satwa Taru Jurug (Bram Selo Agung)
Solo -

Usai ditetapkannya status PPKM Level 3, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memperbolehkan objek wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo dan Taman Balekambang dibuka.

Meski demikian, TSTJ masih belum menerima pengunjung hari ini. Direktur Utama TSTJ, Bimo Wahyu Widodo, mengatakan saat ini masih dalam tahap pengajuan izin. Dia berharap izin bisa turun pekan ini.

"Sekarang masih pengajuan izin, semoga segera turun agar Sabtu besok bisa dibuka," kata Bimo saat dihubungi wartawan, Rabu (1/9/2021).

Menurutnya, sebelum dibuka untuk umum, manajemen akan melakukan simulasi kembali. Sebab kali ini pembukaan TSTJ akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Kita nanti simulasi dulu, pakai aplikasi PeduliLindungi. Kita siapkan ambulans juga sehingga persiapan semakin matang," ujar dia.

Bimo saat ini mengajukan izin agar pengunjung diperbolehkan masuk tanpa batasan usia. Namun kapasitas maksimal tetap 25 persen atau 2.500 orang.

"Untuk usia, kita minta izin agar diperbolehkan semua umur. Kalau nanti ada anak di bawah usia 5 tahun jadi tanggung jawab orang tua sendiri," katanya.

Sementara itu, Taman Balekambang sudah mulai melakukan uji coba hari ini. Meski sudah dibuka, petugas masih belum menerapkan pengguna aplikasi PeduliLindungi.

Untuk sementara, pengunjung bisa masuk dengan menunjukkan kartu vaksin atau pun bukti vaksinasi lainnya. Beberapa pengunjung pun sempat ditolak karena tidak bisa menunjukkan bukti vaksin.

"Hari ini masih kita siapkan scan barcode-nya. Sementara boleh menggunakan kartu vaksin atau bukti lainnya. Ini tadi ada 20-an yang masuk, ada 8 orang yang ditolak karena tidak bisa menunjukkan bukti vaksin," kata petugas keamanan Taman Balekambang, Ahmad.

Taman Balekambang dibuka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Balita, lansia dan wanita hamil tidak diperbolehkan masuk.



Simak Video "Suasana Solo Zoo yang Kini Dibuka untuk Semua Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA