Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Sep 2021 08:15 WIB

TRAVEL NEWS

Gegara Typo Penulisan Moderna, Turis Ini Terancam Bui

Putu Intan
detikTravel
Pemalsu kartu vaksin di Hawaii.
Kartu vaksin palsu di Hawaii. Foto: dok. Hawaii Department of Public Safety
Honolulu -

Turis ditangkap karena kedapatan memalsukan kartu vaksin. Penangkapan itu berawal dari kesalahan penulisan nama vaksin Moderna.

Wanita asal Illinois berusia 24 tahun diketahui memalsukan kartu vaksin COVID-19 untuk mengunjungi Hawaii. Untuk dapat melewati karantina turis selama 10 hari di Hawaii, ia mengunggah kartu vaksinasi ke program Safe Travels dan tiba di Honolulu pada 23 Agustus 2021 dengan penerbangan Southwest Airlines.

Namun saat petugas bandara memeriksa kartu vaksin miliknya, ditemukan sebuah keganjilan.

"Pemeriksa bandara menemukan kesalahan yang mencurigakan...seperti Moderna yang salah pengejaan dan rumahnya di Illinois tapi ia divaksin di Delaware," kata agen khusus divisi investigasi jaksa agung Hawaii, Wilson Lau.

Wilson kemudian menulis email ke seorang pejabat Delaware untuk mengkonfirmasi temuannya. Benar saja, rupanya tidak ada catatan vaksinasi untuk wanita tersebut setelah dicocokkan dengan nama dan tanggal lahirnya.

Selain kartu vaksin COVID-19 yang mencurigakan, pihak berwenang menetapkan bahwa informasi perjalanan yang wanita itu berikan mencantumkan bahwa dia akan menginap di Waikiki Holiday Inn. Akan tetapi, ia tidak menyertakan nomor reservasi dan informasi penerbangan kembali.

Akibat perbuatan pemalsuan tersebut, wanita ini didakwa dengan dua pelanggaran ringan di mana ia melanggar aturan darurat Hawaii untuk mengendalikan penyebaran COVID-19. Wanita ini telah ditahan dengan jaminan USD 2.000.

Namun akhirnya ia dibebaskan hakim pada sidang Rabu (1/9/2021) dan dijadwalkan akan mengikuti sidang lainnya dalam 3 minggu ke depan.

Kasus pemalsuan seperti ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, dua orang turis di Hawaii juga ditangkap polisi karena memalsukan sertifikat vaksin. Mereka adalah pasangan yang mau liburan bareng anaknya ke Hawaii.



Simak Video "Alasan Pengunjung Nggak Pakai PeduliLindungi Saat Masuk Pasar"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA