Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Sep 2021 14:03 WIB

TRAVEL NEWS

Banyak Turis Tewas demi Swafoto, Taman Nasional Bangun Stasiun Selfie

Femi Diah
detikTravel
Ilustrasi selfie
Foto: Getty Images/iStockphoto/NataliaDeriabina
Iowa -

Taman nasional di Amerika Serikat (AS) membuat terobosan untuk mengurangi kecelakaan wisatawan dan meredam kerumunan. Mereka membangun rambu-rambu dari kayu dan menjadikannya stasiun selfie.

Selfie menjadi salah satu tren terkini dengan telepon ada di genggaman. Tapi, rupanya aksi selfie atau berswafoto ini bisa membawa maut. Biasanya sih mereka ingin mendapatkan latar belakangan yang keren sampai-sampai mengabaikan peringatan keselamatan dan tanda bahaya.

Dikutip dari New York Post, Jumat (3/9/2021), taman nasional di AS membangun rambu-rambu titik selfie. Salah satunya di Taman nasional Iowa.

Penanda stasiun selfie itu sih biasa saja, berupa papan yang ditopang kaki kayu. Di papan itu tertulis informasi cara mengambil foto. Malah papan itu bisa dijadikan layaknya tripod untuk menaruh HP agar memudahkan wisatawan berswafoto.

"Bentuknya sederhana tetapi kokoh," kata pimpinan Sistem Konservasi Iowa Tom Hazelton.

"Papan itu itu dibuat dari kayu bekas dan cuma membutuhkan biaya perawatan yang rendah. Sangat mudah untuk dibuat. Tanda di sana biayanya USD 30 (Rp 430 ribu) dan kayunya USD 60 (Rp 850 ribu)," ujar Hazelton.

Papan penanda selfie di taman nasional Iowa tidak cuma satu. Sekarang ada 15 prasasti kayu serupa itu di kawasan itu.

Taman nasional lain juga mengambil cara serupa untuk mengurangi kecelakaan wisatawan. Kawasan lain juga menirunya, di antaranya Wisconsin dan Minnesota.

'Kami membangun stasiun selfie di lokasi-lokasi tertentu agar kalian dan teman-teman kalian bisa memilih spot favorit dan mengabadikan memori kalian dengan latar belakang yang luar biasa," begitulah pengumuman yang diberikan departemen Sumber Daya Alam Minnesotta.

'Kalau kalian melihat papan ini, artinya ada latar belakang yang luar biasa indah untuk kalian selfie."

Bagaimana menurut kalian?



Simak Video "UNESCO Minta Pemerintah Indonesia Stop Proyek di Pulau Komodo"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA