Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Sep 2021 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Hargai Pribumi, Patung Christoper Colombus Meksiko Dicopot

bonauli
detikTravel
Patung Christopher Colombus
Patung Christopher Colombus (AP)
Mexico City -

Christopher Colombus dikenal sebagai penjelajah yang mendunia. Patungnya ada di mana-mana termasuk Meksiko, namun ada yang dicopot.

Dilansir dari Reuters, ada sebuah patung Colombus abad ke-19 yang terkenal di Mexico City. Patung ini terletak di jalan raya Paseo de la Reforma.

Patung Colombus ini rencananya akan dipindahkan ke tempat yang lebih "layak". Tempat patung Colombus akan digantikan dengan patung salah satu wanita pribumi Meksiko.

"Tentu saja kami mengenali Colombus. Namun, ada dua pandangan," kata Wali kota Claudia Sheinbaum.

Sheinbaum mengatakan bahwa pergantian patung itu bertujuan untuk memberi tempat bagi monumen yang membantu memberikan keadilan sosial untuk peran bersejarah yang dimainkan oleh perempuan Meksiko. Terutama yang berasal dari pribumi.

Dia menjelaskan bahwa pada satu sisi ada pandangan Eropa tentang penemuan Amerika. Walaupun peradaban sebenarnya sudah ada di sana selama berabad-abad.

"Dan ada pandangan lain dari sini, bahwa pada kenyataannya seorang pria Eropa tiba di Amerika, yang menyebabkan sebuah pertemuan antara dua tempat dan kemudian datang penaklukan (Spanyol," ujar Sheinbaum.

Sebelumnya, sudah ada beberapa patung Colombus yang dipindahkan dari kota-kota Amerika Serikat sejak adanya protes Black Lives Matter. Unjuk rasa ini menekankan bahwa hidup orang kulit hitam berharga. Sehingga, ada pemeriksaan ulang sejarah era kolonial dan warisan perbudakan di seluruh dunia.

Patung-patung yang dipindahkan dari tersebut adalah beberapa patung ahli navigasi asal Italia yang ekspedisinya didanai Spanyol dari tahun 1490an dan seterusnya untuk membuka pintu bagi penaklukan Eropa atas Amerika.

Sheinbaum sendiri adalah sekutu dekat Presiden Meksiko Andeas Manuel Lopez Obrados yang merupakan politisi sayap kiri.

Obrados berusaha menjadikan pemerintahannya sebagai pembela masyarakat miskin dan pribumi, dengan banyak di antaranya adalah warga paling tidak mampu di Meksiko.



Simak Video "Diguncang Gempa M 7,1, Presiden Meksiko Sebut Tak Ada Kerusakan Serius"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA