Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Sep 2021 10:09 WIB

TRAVEL NEWS

Program Akomodasi Rp 298 Miliar untuk Nakes Masuk ke Tahap Akhir

Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (Femi Diah/detikcom)
Jakarta -

Penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan pagu anggaran Rp 2,4 triliun akan diberikan pada sektor pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sampai mana perkembangannya?

Program Akomodasi Tenaga Kesehatan telah masuk ke tahap akhir distribusi. Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Anggaran menyetujui usulan program dukungan akomodasi bagi tenaga kesehatan.

"Ada kabar gembira bahwa program akomodasi tenaga kesehatan telah memasuki tahap akhir dam persiapan distribusi. Jadi total yang telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Anggaran adalah Rp 298 miliar," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (6/9/2021).

Pelaksanaan program ini akan dilaksanakan melalui koordinasi dengan rumah sakit, industri perhotelan, kementerian atau lembaga terkait dan pemerintah daerah di tujuh lokasi utama dalam penanganan COVID-19.

Pengajuan yang diterima Kemenparekraf adalah 71 rumah sakit untuk 9.766 orang tenaga kesehatan dan 465.659 unit kamar. Sandiaga menuturkan, hal ini merupakan upaya untuk para tenaga kesehatan agar berada dalam kondisi yang prima.

"Kami telah menerima pengajuan dari 71 rumah sakit, untuk akomodasi tenaga kesehatannya sebanyak hampir 10 ribu orang dengan total hampir setengah juta kamar. Penyediaan fasilitasi makan dan minum, binatu atau laundry serta transportasi akan berjalan Insyaallah hingga akhir November 2021," kata Sandiaga.

Pendataan ulang terkait jumlah kebutuhan tenaga kesehatan pun tengah dilakukan. Beberapa pihak dilibatkan dalam kegiatan ini.

"Jadi, kebetulan sekarang lagi menurun dan tentunya ini harus kita sesuaikan dan kita akan melibatkan nara hubung dari pihak rumah sakit, Kemenparekraf, hotel, dan juga PIC dari sektor transportasi yang bertugas memperlancar segala proses pelaksanaan," ungkap Sandiaga.

Sementara, terkait perkembangan persiapan penyaluran program PEN Lainnya seperti Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP), PEN Film, dan PEN BBI, saat ini semua masih on track dan diharapkan bisa segera rampung.

"Untuk BPUP sendiri, telah dilakukan simulasi aplikasi untuk pendaftaran Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata dan sedang dievaluasi hasil simulasi tersebut dan terus dilakukan koordinasi dengan komite PEN," kata Sandiaga.

Menyoal Bantuan Insentif Pemerintah (BIP), saat ini BIP untuk Jaringan Pengaman Usaha (JPU) telah ditentukan menjadi 800 penerima dan sedang dibuat penetapan agar bisa dimulai pencairan dalam waktu dekat. Sedangkan BIP regular, sedang dilakukan proses kurasi pada tahun ini dan akan didistribusikan pada tahun 2022.



Simak Video "Kemenparekraf Kucurkan Miliaran Rupiah untuk Geliatkan Film Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA