Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Sep 2021 09:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Desa Wisata Upaya Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Syahdan Alamsyah
detikTravel
Sandiaga di Desa Wisata Cisande Sukabumi
Foto: Sandiaga Uno di desa wisata Cisande, Sukabumi (Syahdan Alamsyah/detikTravel)
Sukabumi -

Menparekraf Sandiaga Uno resmi mengukuhkan Desa Cisande di Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu 50 desa wisata terbaik se-Indonesia.

Sandiaga mengatakan, desa wisata merupakan bagian dari salah satu upaya untuk menyiapkan beragam destinasi pariwisata sebagai salah satu pendorong ekonomi kreatif untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar lokasi tersebut.

"Geliat ekonomi masyarakat harus didorong di tengah keterbatasan yang ada. Untuk itu lahirnya ekonomi kreatif di tengah-tengah kita menjadi ujung tombak untuk keberlangsungan ekonomi masyarakat. Dengan melihat potensi yang ada, kearifan lokal ini harus didorong untuk dapat menjadi berdaya ekonomi kreatif," kata Sandiaga Uno, Minggu (5/9/2021).

Pandemi COVID-19, dikatakan Sandiaga, telah memberikan banyak perubahan pada tatanan sosial masyarakat. Salah satu dampak besar yang harus diterima adalah industri pariwisata.

Untuk itu, ekonomi kreatif dalam industri kreatif harus ditingkatkan untuk mendorong pendapatan masyarakat. Menurutnya, lahirnya desa wisata adalah sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kearifan lokal yang ada.

"Kunjungan ini sebagai upaya Kemenparekraf untuk melihat kesiapan pemerintah desa dalam mempersiapkan potensi yang ada di wilayahnya, serta kemampuan memberdayakan potensi yang ada, sehingga bisa berdaya guna untuk menunjang ekonomi masyarakatnya. Saya sangat mengapresiasi berbagai lembaga sosial dan perusahaan yang turut serta dengan membangun desa berdaya, sehingga desa siap untuk menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat lokal dan sekitarnya terlebih di saat pandemi sekarang ini," papar Sandiaga Uno.

Sandiaga di Desa Wisata Cisande SukabumiSandiaga Uno di Desa Wisata Cisande Sukabumi Foto: Syahdan Alamsyah/detikTravel

Desa Wisata yang diresmikan Sandiaga itu berkonsep agrowisata berada di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Desa wisata ini memiliki potensi wisata menarik yang memanfaatkan area sawah di belakang pemukiman warga sebagai wisata edukasi anak-anak, menanam padi, budidaya ikan hias dan lele.

Tidak Hanya itu, Desa Wisata Cisande juga memiliki outbond flying fox, panahan, river tubing, camping Ground dan juga bukit camera yang asyik buat selfie.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA