Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Sep 2021 16:58 WIB

TRAVEL NEWS

Tiba di Sukabumi, Sandiaga Uno Dipakaikan Ikat Kepala Lambang Keagungan

Syahdan Alamsyah
detikTravel
Sandiaga di Desa Cikande, Sukabumi.
Menparekraf Sandiaga di Sukabumi (Syahdan Alamsyah/detikTravel)
Sukabumi -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tiba di Sukabumi. DI sana ia memilih berjalan kaki bersama rombongan saat masuk ke Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Saat itu langkah Sandiaga dihentikan Aat Suwanto, Konsultan Kebudayaan Kecamatan Cicantayan.

Sebuah ikat kepala diikatkan ke kepala Sandiaga, ikat kepala khas sunda itu disebut-sebut melambangkan keagungan. Usai memakai ikat kepala, Sandi kemudian menyapa warga yang berjajar di sepanjang jalan yang sejak pagi tadi menyambut kedatangannya.

"Saya di Desa Cisande dan desa ini adalah desa rintisan yang berhasil tembus 50 besar wisata terbaik dan unggulannya adalah agrowisata dan penghasil sandal jepit. Dan kita di Cisande kita harus maju terus walaupun COVID-19," kata Sandiaga menyapa awak media, Minggu (5/6/2021).

Soal ikat kepala yang dipakai Sandiaga, Aat Suwanto mengatakan bahwa ikat itu melambangkan keagungan. Ia juga bercerita sempat meminta maaf sebelum memasangkan ikat kepala.

"Gimana ya, merasa jadi orang paling nggak sopan pegang-pegang kepala pak menteri. Tadi saya sempat meminta maaf dulu, saya bilang pak maaf kepala bapak saya pegang," ungkap Aat.

Sandiaga Uno di Desa Cikande, Sukabumi.Sandiaga Uno dipasangi ikat kepala dengan makna spesial (Syahdan Alamsyah/detiktravel)

Aat tidak menyebut rinci jenis ikat kepala Sandiaga, namun menurutnya ikat itu jenis yang melambangkan keagungan.

"Ikat kepala yang dipakaikan tadi jenis yang melambangkan keagungan, selain ke pak menteri saya juga pasangkan ke Pak Wagub, Pak Bupati, Pak Kapolres," sambung Aat.

Sandiaga sempat memberikan sambutan, terlihat hadir dalam acara itu Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, kemudian Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Setelah itu Sandiaga masuk ke area Desa Agrowisata Cisande.

Sandiaga disambut Marching Band Opa-Oma yang semua anggotanya adalah pria dan wanita lanjut usia. Marching band itu juga merupakan icon Kecamatan Cicantayan. Setelah itu Sandiaga menandatangani prasasti peresmian Desa Wisata Cisande sebagai 50 desa wisata terbaik.

"Terimakasih pak bupati desanya menjadi desa wisata Indonesia bangkit dari total 75 ribu desa di Indonesia dan Desa Cisande masuk menjadi 50 desa wistaa terbaik dan mendapat penghargaan ini," kata Sandiaga kepada Bupati Sukabumi Marwan Hamami usai tandatangan prasasti dan serahkan penghargaan.



Simak Video "Momen Sandiaga Uno Dipakaikan Ikat Kepala Lambang Keagungan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA