Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Sep 2021 19:13 WIB

TRAVEL NEWS

Dear Hotel, 3 Paket Akomodasi Ini Wajib Ada Jika Ingin Dikunjungi Tamu

Ilustrasi hotel
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Gegara pandemi, kebiasaan orang saat menginap di hotel berubah. Traveler kini menjadikan hotel bukan hanya sekedar tempat tidur, tapi juga sebagai destinasi. Jadi mereka menuntut adanya 3 hal ini saat menginap di hotel.

Paket akomodasi yang wajib ada di hotel-hotel Indonesia berdasarkan survei Travel in 2021 dari Agoda adalah:

1. Pengalaman, aktivitas di dalam atau luar penginapan seperti tour atau workshop
2. Benefit makanan dan minuman, pengalaman dining yang unik, voucher dan diskon
3. Early check in atau late check in.

"Ini sangat penting hotel mengetahui hal-hal yang baru ini, karena sebelum survei, hotel secara keseluruhan belum tahu opportunity yang sedang trending untuk konsumen. Adanya survei ini bisa membantu hotel untuk menangkap ceruk-ceruk konsumen baru dimana konsumen menginginkan package di dalam mereka memilih harga sebagai patokan mereka dalam menginap di sebuah hotel," ujar Senior Country Director Agoda Indonesia, Gede Gunawan di Jakarta.

Dia menyarankan hotel sebaiknya memiliki paket go local seperti tour jalan pagi di pematang sawah, paket pendakian, atau paket mengeksplorasi kebudayaan lokal.

"Hotel bisa berkolaborasi dengan pengusaha lokal di sana yang menyediakan paket-paket seperti itu. Misalnya orang mau pengalaman masak di tepi sungai. Sehingga masyarakat menengah ke bawah bisa ikut. Contohnya bagaimana cara memasak, menanam, langsung dipetik dimasak di situ. Ini kesempatan luar biasa buat hotel memberikan value yang baru terhadap konsumen yang ingin tren baru," ujarnya.

Hotel adalah basis wisatawan untuk menjelajahi wilayah lokal, terutama bagi wisatawan mancanegara. Kini, dengan pengunjung domestik dan perjalanan staycation mendominasi rencana perjalanan, orang ingin meningkatkan pengalaman akomodasi karena mereka mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di hotel, dan mencari hotel yang menyediakan hiburan.

"Baik itu aktivitas tambahan atau sekadar kemewahan tambahan seperti makanan dan minuman, atau paket spa, atau benefit untuk late check out, cara orang menikmati liburan kini sudah berubah," ujar Gede.

Selanjutnya Agoda Special Offer

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "PPKM Bikin Okupansi Hotel di Kawasan Puncak Lesu"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA