Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Sep 2021 05:59 WIB

TRAVEL NEWS

Ssstt... Ini Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Kamar Hotel

Kamera Tersembunyi Tak Terduga
Ilustrasi kamera tersembunyi (Bored Panda)
Jakarta -

Mungkin ada traveler yang khawatir dengan keberadaan kamera tersembunyi saat menginap di hotel. Tenang, simak dulu yang berikut ini.

Mengutip Independent, seorang mantan hacker membagikan konten-konten keamanan siber di akun Tiktoknya, @makwaretech. Salah satu videonya menerangkan cara mendeteksi keberadaan kamera tersembunyi di sebuah akomodasi liburan.

Sejak minggu lalu, videonya sudah ditonton lebih dari 15 juta viewers. Cara yang ditunjukkan Marcus cukup sederhana.

@malwaretech Reply to @safarijackza How to find hidden cameras in AirBnBs #safety #travel ♬ original sound - Marcus Hutchins

Pertama, menurut video, traveler harus memeriksa di sekitar ruangan, apakah ada perangkat yang ditempatkan di area yang mungkin bisa merekam. Di dalam video ditunjukkan detektor asap yang ada tepat di atas tempat tidur, jam alarm juga bisa diarahkan ke tempat tidur.

"Alarm kebakaran ini, misalnya. Itu ditempatkan tepat di atas tempat tidur," kata Marcus.

"Salah satu cara untuk melihat apakah perangkat itu adalah kamera adalah menyinarinya dengan cahaya terang," dia menambahkan.

Dikutip dari Fox News, kamera dapat dideteksi hanya dengan sinar. Lensa karena akan memantulkan warna biru. Lampu juga bisa digunakan untuk menemukan kamera yang tersembunyi di balik tepi cermin, seperti bagian depan alarm atau cermin dua sisi.

"Jika (sinarnya) mengenai lensa kamera, akan ada pantulan biru," ujar Marcus.

Marcus juga mendemonstrasikan bagaimana traveler bisa memeriksa barang-barang kecil yang tak akan dikira memiliki kamera tersembunyi. Contohnya seperti jam alarm dan pengisi daya USB.

"Jika kita menyinarinya dengan cahaya terang, kita dapat melihat melalui kaca dan melihat ada kamera di sana," kata Marcus.

"Kamera-kamera ini sangat kecil seperti yang Anda lihat di sini, sehingga dapat disembunyikan di mana saja, bahkan di lubang dinding," kata Marcus.

Bagaimana traveler? Tertarik untuk mencari kamera tersembunyi di kamar hotel atau akomodasi lainnya?



Simak Video "PPKM Bikin Okupansi Hotel di Kawasan Puncak Lesu"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA