Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Sep 2021 11:15 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Uno Bicara Persiapan Pandemi Menuju Endemi

Muhammad Iqbal
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: Whisnu Pradana/detikcom
Kabupaten Bandung -

Presiden Joko Widodo mengisyaratkan adanya peralihan persepsi dari pandemi menjadi endemi. Nantinya, masyarakat perlu menyadari bahwa masyarakat harus hidup berdampingan dengan COVID-19.

Terkait hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menuturkan, dirinya bersama instansi pemerintah daerah dituntut untuk terus mengedukasi terkait protokol kesehatan. Selain itu juga, mengingatkan bahwa COVID-19 kan terus berdampingan dengan masyarakat dalam waktu yang cukup lama.

"Jadi salah satu bagian saya dengan pak Kapolda dan pemerintah kabupaten itu turun ke masyarakat untuk mengedukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan. Pandemi ini secara alami akan bergeser menjadi endemi, seperti pandemi pandemi sebelumnya. Namun untuk menyiapkan masyarakat adalah mereka harus terbiasa dengan protokol kesehatan," ujar Sandi saat mengunjungi Desa Wisata Alamendah di Rancabali, Kabupaten Bandung, Jumat (10/9/2021).

Sandi menyebutkan ada empat pilar dalam persiapan menuju endemi di sektor wisata. Pertama, mereka harus menggencarkan vaksinasi. Kedua, ketaatan masyarakat dalam melaksanakan pelaksanaan protokol kesehatan.

"Ketiga partisipasi masyarakat untuk saling mengingatkan dan terakhir adalah bagaimana kita memberi stimulus kepada pelaku pelaku, baik pariwisata atau ekonomi kreatif," ucapnya.

Selain itu, Sandi pun meminta agar masyarakat khususnya pelaku usaha agar mengikuti segala bentuk usaha yang dianjurkan pemerintah. Hal tersebut diharapkan menjadi momentum tahapan untuk kembali melanjutkan pembangunan yang sempat tersendat.

"Semua disiapkan agar saat nanti kita beranjak menjadi endemi kita bisa lebih kuat, solid untuk kembali melanjutkan agenda pembangunan kita," pungkasnya.



Simak Video "Seberapa Parah Corona Kacaukan Pariwisata Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA