Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Sep 2021 16:20 WIB

TRAVEL NEWS

Coba Tebak, Apa Warna Asli Jarum Jam Big Ben?

Tim detikcom
detikTravel
Pemugaran menara jam Big Ben di Inggris hampir rampung. Warna jarum jam Big Ben pun dikembalikan ke warna aslinya yakni biru Prusia. Ini penampakannya.
Foto: Menara jam Big Ben (Getty Images/Leon Neal)
London -

Selama ini kita mengenal Big Ben, jam ikonik dari Inggris. Namun tahukah traveler, warna asli dari jarum jam Big Ben? Ini dia jawabannya.

Pemugaran menara jam Big Ben di Gedung Parlemen Inggris telah memasuki tahap penyelesaian. Jarum jam Big Ben sekarang telah dikembalikan ke warna aslinya: biru Prusia.

Sejak tahun 2017, menara jam berusia 177 tahun itu telah menjalani proses rekonstruksi dan perbaikan yang dilakukan oleh para pengrajin. Para pekerja juga dikerahkan untuk memperbaiki struktur menaranya dan memoles ulang empat sisi muka jamnya.

Proyek restorasi berdana 80 juta poundsterling (setara Rp 1,5 triliun) ini dijadwalkan akan selesai tahun depan. Ketika lonceng Big Ben seberat 13 ton yang terkenal, yang sebagian besar telah dibisukan saat pekerjaan restorasi dilakukan, akan berbunyi lagi.

"Sementara kita semua merindukan suara Big Ben menandai waktu, dan rangka yang akan dibongkar dari menara - saya pikir kita semua akan setuju pada jadwal pembukaan tahun depan, kesabaran kita tidak sia-sia," kata Lindsay Hoyle, Ketua Dewan Rakyat London, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Minggu (12/9/2021).

Selama mengerjakan Menara Jam setinggi 96 meter itu, para ahli restorasi menemukan bahwa jarum jam aslinya dicat biru, bukan hitam. Big Ben sendiri bersemayam di menara yang berada di komplek Gedung Parlemen Inggris, kawasan Westminster.

Tak hanya mesin, proses renovasi Big Ben juga berikut penambahan lift yang bisa digunakan turis menuju puncaknya menaranya. Ditambah lagi dengan pemasangan lampu LED yang bakal mempercantik pemandangannya di malam hari.

Dibangun dengan gaya Neo Gotik pada tahun 1856, saat ini bangunan Menara Elizabeth yang menjadi rumah Big Ben telah mengalami perubahan kemiringan sebanyak 46 centimeter.

Membisunya Big Ben tentu saja menjadi drama tersendiri. Perdana Menteri Theresa May pada tahun 2017 bahkan ikut protes dengan proses pemugaran yang membuat jam kesayangan penduduk Inggris itu membisu.



Simak Video "Inggris Rayakan Kebebasan Meski Kasus Covid-19 Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA