Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Sep 2021 05:43 WIB

TRAVEL NEWS

13 Gorila di Bonbin Positif Covid, Hewan Lain Langsung Divaksinasi

Gorila di San Diego terinfeksi Corona
Foto: Ilustrasi gorila (Ken Bohn/San Diego Zoo Global Archives)
Atlanta -

COVID-19 rupanya tak hanya menginfeksi manusia saja. Sebanyak 13 gorila di kebun binatang Atlanta, Amerika Serikat dilaporkan positif menderita COVID-19. Hewan lain langsung divaksinasi COVID.

Pihak Zoo Atlanta mengonfirmasi adanya 13 gorila yang terinfeksi COVID-19 di kandang mereka. Termasuk salah satu korbannya adalah Ozzie, gorila tertua berumur 60 tahun yang tinggal di kebun binatang tersebut.

Hasil positif tes ke-13 gorila itu keluar setelah dilakukan pemeriksaan oleh lab University of Georgia. Sampel darah gorila itu juga sudah dikirimkan ke National Veterinary Services di Iowa, namun masih menunggu konfirmasi hasilnya.

Dilansir detikTravel dari AP, Kamis (16/9/2021) gorila-gorila itu diduga tertular COVID-19 dari manusia. Tepatnya dari seorang zookeeper alias penjaga kebun binatang yang membawa virus tersebut namun tanpa gejala.

Pihak kebun binatang Atlanta menyebut tidak ada bukti ilmiah bahwa gorila bisa menularkan virus tersebut kembali ke manusia. Pihak kebun binatang memastikan jarak antara pengunjung dengan gorila terlalu jauh sehingga bisa dipastikan tidak akan ada penularan dari gorila ke pengunjung.

"Tim sedang memantau gorila yang terkena dampak dengan sangat cermat dan berharap mereka akan sembuh total. Mereka menerima perawatan terbaik," kata direktur senior kesehatan hewan di Kebun Binatang Atlanta, Sam Rivera.

13 Gorila kebun binatang Atlanta ini merupakan kelompok kedua gorila yang terinfeksi COVID-19. Sebelumnya, sebanyak 8 gorila dari San Diego Zoo Safari Park juga dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 pada bulan Januari lalu.

"Kami sangat prihatin bahwa infeksi ini terjadi, terutama mengingat protokol keselamatan kami saat bekerja dengan kera besar dan spesies hewan rentan lainnya, dan selama pandemi, sangat ketat," sambungnya.

Saat ini, gorila yang berisiko mengalami komplikasi sedang dirawat dengan antibodi monoklonal. Setelah kejadian ini, kebun binatang Atlanta telah diizinkan untuk menggunakan vaksin Zoetis COVID pada hewan. Mereka akan menyuntikkan vaksin itu untuk memvaksinasi orangutan, harimau sumatera, singa Afrika, dan macan dahan.



Simak Video "3 Pemuda di Makassar Diciduk, Terlibat Jaringan Bandar Tembakau Gorila"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA